100 Maskapai Terbaik di Dunia, Si “Buah” Mangga dan Si “Buah” Persik Masuk Daftar

    Peach Aviation

    SkyTrax World Airline Awards 2016 baru saja melansir 100 maskapai terbaik di dunia. Uniknya, ada dua maskapai yang namanya buah yakni Peach dan Mango, alias persik dan mangga.

    SkyTrax World Airline Awards merupakan ajang bergengsi bagi industri penerbangan. Ajang ini diselenggarakan oleh Skytrax, selaku lembaga pemeringkat maskapai yang berbasis di London, Inggris.

    Tahun 2016 ini, SkyTrax baru saja mengumumkan The World’s Top 100 Airlines alias 100 Maskapai Terbaik di Dunia, yang bertempat di Farnborough, Inggris pada Selasa (12/7) kemarin. Dari 100 nama maskapainya, setidaknya ada dua yang mencuri perhatian.

    Seperti dikutip Detikcom, Dalam situs resmi SkyTrax World Airline Awards, Kamis (14/7/2016) nama kedua maskapai itu adalah Peach Aviation yang berasal dari Jepang dan Mango Airlines asal Afrika Selatan. Kedua namanya, sama-sama nama buah yakni peach atau persik dan mangga.

    Usut punya usut, kedua maskapai itu sendiri sudah sering masuk daftar nama-nama pesawat unik di dunia. Rasa-rasanya jarang sekali, maskapai yang menggunakan nama buah bukan?

    Mari kita kenali Peach Aviation, yang merupakan maskapai budget pertama dari Negeri Sakura. Maskapai ini sebenarnya anak perusahaan dari Maskapai All Nippon Airways. Peach diresmikan tahun 2011 silam dengan pusatnya di Bandara Internasional Kansai dan Izumisano, Prefektur Osaka.

    Peach melayani penerbangan domestik ke berbagai destinasi seperti ke Sapporo, Okinawa, Nagasaki dan Kagoshima. Tak ketinggalan rute penerbangan internasional ke Hong Kong, Taiwan (Taipei) dan ke Korea Selatan (Seoul).

    Usut punya usut, ternyata ada maksud sendiri mengapa maskapainya menggunakan nama peach atau persik. Seperti tertulis di situs resmi Peach Aviation, persik merupakan buah yang terkenal dan disukai oleh orang-orang Asia. Di zaman kuno, buah persih menjadi simbol keberuntungan, umur panjang dan kemakmuran.

    Orang-orang Jepang pun menyukai buah persih karena rasa dan bentuknya. Oleh sebab itu, nama peach digunakan oleh maskapainya agar menjadi maskapai yang dicintai sekaligus memberikan kenyamanan dan kebahagiaan selama perjalanan.

    Mango Airlines
    Mango Airlines

    Kemudian Mango Airlines, merupakan maskapai berbasis di Johannesburg, Afrika Selatan. Maskapai ini sudah melayani penumpang sejak tahun 2006 dan menjadi maskapai Afrika pertama yang memberikan pelayanan WiFi di dalam pesawat.

    Mango Airlines melayani penerbangan domestik di Afrika Selatan seperti ke Cape Town, Port Elizabeth dan Bloemfontein. Hanya satu rute ke penerbangan internasional, yakni ke Zanzibar di Tanzania.

    Karena namanya mangga, maka warna pesawatnya pun oranye seperti mangga. Lihatlah badan pesawat yang nyentrik terang dengan warna oranye seperti daging buah mangga saja. Tak hanya itu, semua pakaian awak kabin dan intertior di dalam pesawat pun berwarna oranye.

    Dalam SkyTrax World Airline Awards, Peach Aviation menempati peringkat 78 dan Mango Airlines menempati peringkat 98. Selamat masih masuk dalam daftar 100 Maskapai Terbaik.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.