Tak Perlu Khawatir Tersesat di Gatwick

Sebanyak 2.000 beacon telah dipasang di dua terminal Bandara Gatwick, Inggris. Beacon adalah semacam pemancar sinyal yang dapat membantu orang-orang di sekitarnya, begitu pula menyebarkan informasi secara langsung. Bandara Gatwick menerapkan teknologi berbasis beacon karena sinyal GPS di dalam bandara tidak cukup kuat untuk diandalkan.

Apa fungsi beacon ini?

Beacon menyebarkan informasi. Artinya penumpang yang ada di area bandara Gatwick bisa masuk ke aplikasi khusus dan kemudian menerima panduan untuk menuju ke area check ini, terminal yang dituju, ruang tunggu, tanpa takut tersesat.

Pihak bandara dan maskapai juga bisa menyebarkan informasi secara cepat ke setiap penumpang terdaftar yang sudah masuk kawasan itu. Informasi bermanfaat untuk memandu jika ada keterlambatan, penundaan, area khusus dalam perawatan, dan informasi lain yang penting. Lebih menguntungkan lagi, toko-toko di bandara bahkan bisa mengirim pesan otomatis langsung ke telepon genggam milik penumpang yang ada di dekat lokasi tokonya.

Teknologi navigasi baru ini sedang diintegrasikan ke dalam aplikasi Gatwick. Pihak bandara juga sedang mendiskusikan dengan maskapai penerbangan untuk memanfaatkan fasilitas ini sebagai alat penentuan posisi dalam ruangan. Alat ini dijamin tidak mengganggu privasi karena tidak mengumpulkan data pribadi para penumpang.

Alat ini dapat membantu operator bandara untuk mengukur antrean, memperlancar arus penumpang dan mengurangi kerumunan.

Teknologi baru ini merupakan bagian dari program investasi 2,5 miliar poundsterling di Gatwick untuk mengubah bandara menjadi lebih modern.