Atasi Lonjakan Jumlah Pemudik, Kemenhub Sebut 519 Pesawat Sudah Siaga

    5 Maskapai Kena Dampak Pembatasan Pergerakan Pesawat di Soetta

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak dini mengantisipasi lonjakan penumpak dalam arus mudik 2016. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan pengecekan angkutan mudik.

    “Sejak minggu lalu kami melakukan pengecekan angkutan umum dalam rangka operasi lebaran. Mulai akhir pekan lalu, sampai tanggal 24,,” ucap Menhub Jonan di Istana Negara seperti dikutip Detikcom, Senin (6/6/2016).

    Jonan mengatakan pengecekan kesiapan angkutan lebaran itu dilakukan secara menyeluruh, sementara pada tahun lalu hanya sampling.

    “Ada 519 pesawat udara yang akan digunakan untuk penerbangan terjadwal, kalau pesawat pribadi enggak,” ujarnya.

    “Lalu kapal penyeberangan penumpang ada sekitar 1.100, itu diperiksa semua. Mestinya jalan, Syahbandarnya aja ada 3.00 kok. Lalu juga bus AKAP, 1.400 kira-kira,” imbuh Jonan.

    Jonan mengharapkan dengan pemeriksaan seluruh angkutan lebaran, maka tidak ada lagi kecelakaan yang marak terjadi seperti lebaran sebelumnya. Pemeriksaan melibatkan dishub-dishub daerah.

    “Juga terakhir kereta api, sekitar 350 lebih lokomotif yang akan digunakan untuk angkutan lebaran dan angkutan penumpang, dan ini sudah jalan sampai 24,” tutur Jonan.

    Sementara angkutan laut Pelni, total secara keseluruhan dengan angkutan non Pelni armadanya bertambah dibanding tahun lalu. Rata-rata kata Jonan, seluruh angkutan da penambahan 4 persen aramada angkutan lebaran.

    “Kalau jumlah sarana rata-rata 3-4 persen lebih banyak dari tahun lalu. Kalau pesawat terbang jumlahnya lebih banyak, hampir 5 persen lebih.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.