Perusahaan AS Tawarkan BT-64 Gunship untuk Ganti OV-10 Bronco Filipina

BT-67

Perusahaan Amerika Serikat Basler Turbo Conversions menawarkan  BT-64 Gunship ke Filipina saat negara tersebut sedang mencari pengganti untuk Rockwell OV-10 Bronco mereka. Hal itu terungkap dalam pengumuman perusahaan 12 Oktober 2016.

BT-67 pada dasarnya adalah sebuah konversi pesawat twin-turboprop Douglas DC-3 Dakota yang dilengkapi dengan sistem diperbarui seperti avionik digital, night-vision goggle-compatible cockpit, radar cuaca dan forward-looking infrared (FLIR).

Pesawat ini ditawarkan sebagai platform multirole yang tidak hanya mampu melakukan peran serangan darat seperti OV-10, tetapi juga dapat memenuhi peran transportasi, pengawasan, evakuasi medis, dan patroli maritim yang menjadi persyaratan Angkatan Udara Filipina (PAF).

Menurut Basler Turbo, BT-67 menawarkan konfigurasi yang fleksibel tergantung pada misi, kemampuan pesawat untuk mendarat di landasan pendek dan kasar akan menjadikan pesawat ini mudah dioperasionalkan dari mana saja.

Pesawat menggunakan mesin kembar Pratt & Whitney Canada PT6A-67R yang miring di atas sayap. Hal ini bisa mengurangi kerentanan untuk menjadi sasaran tembakan rudal portable atau MANPADS.

BT-67 berdasarkan pada badan pesawat paling terbukti dalam sejarah penerbangan, DC-3 yanag masuk layananpertama di pertengahan 1930-an. Vesi mesin turboprop  akan menjadikan pesawat mampu membawa muatan 4.500 kg dengan rentang terbang 650 n mil (atau 1.200 kg dengan rentang 1, 875 n mil), dan volume kabin 35 m3. Pesawat ini memiliki kecepatan jelajah 210 kt dan ketinggian hingga 13.000 ft.

Menurut IHS Jane Kamis 13 Oktober 2016, pesawat ini sudah oleh angkatan udara Kolombia (tempur), El Salvador (transportasi), Guatemala (transportasi), Mali (transportasi), Mauritania (surveillance), Thailand (penelitian ilmiah), dan oleh Departemen Luar Negeri AS (transportasi dan pengawasan) , pengiriman ke Filipina bisa dimulai setahun setelah tanda tangan kontrak.

Filipina berencana untuk kembali memulai program pengganti OV-10 Bronco dengan request for proposals (RFP) akan dikeluarkan dalam beberapa bulan mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.