Raksasa Udara Terbesar di Dunia Mendarat di Perth

Raksasa Udara Terbesar di Dunia Mendarat di Perth-Antonov-225-Mriya

Pesawat terbesar di dunia, Antonov An-255 Mriya, akhirnya mendarat di Perth, Australia, Minggu (15/5/2016) siang waktu setempat setelah penerbangan melintasi tiga benua dari Praha, Cheska.

Antonov An-255 menjadi pesawat kargo terbesar di dunia dengan berat lebih dari 600 ton. Pesawat ini digunakan untuk mengangkut kargo berupa generator seberat 117 ton yang dari Praha. Presiden Aviasi Australia Barat, David Eyre, ini merupakan pesawat terbang terbesar dan terberat yang pernah dibuat. Sayapnya terpanjang dari semua pesawat terbang yang ada.

“Ini adalah pertama kalinya pesawat ini datang ke Australia. Berbeda dengan pesawat pada umumnya, pesawat ini punya dua ekor. Saya kira pesawat ini suaranya lebih keras dari kebanyakan pesawat, meski bukan sangat keras, tapi masih menjadi pemandangan yang mengesankan untuk melihat dari udara karena begitu besar,” kata Eyre.

Pesawat ini juga pernah mengangkut muatan terpanjang berupa turbin angin sepanjang 42 meter.

Pesawat ini telah beberapa kali melakukan pendaratan untuk mengisi bahan bakar di seluruh kawasan Timur Tengah dan Asia, dengan pendaratan terakhir dari perjalanan Kuala Lumpur ke Perth menjadi 4.067 kilometer.

Pesawat ini dibangun pada 1980-an untuk membawa pesawat ruang angkasa Rusia Buran yang diletakan diatas pesawat tersebut. Dalam keadaan kosong, beratnya hanya 175 ton, tetapi jika terisi penuh dan berawak dapat mengangkut hingga 600 ton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.