6 Dekade Jadi Simbol Jet Pribadi, Learjet Ikonik akan Berakhir

Learjet 75

Bombardier dilaporkan akan mengakhiri produksi Learjet tahun ini.  Ini menjadi tanda habisnya waktu bagi salah satu nama paling terkenal dalam bisnis penerbangan tersebut.

“Dengan lebih dari 3.000 pesawat dikirim sejak mulai beroperasi pada tahun 1963, pesawat Learjet yang ikonik memiliki dampak yang luar biasa dan bertahan lama pada bisnis penerbangan,” kata Éric Martel, Presiden dan CEO Bombardier dalam sebuah pernyataan 11 Februari 2021 lalu.

“Namun, mengingat dinamika pasar yang semakin menantang, kami telah membuat keputusan sulit ini untuk menghentikan produksi Learjet.” Selain pasar yang semakin sulit, pandemi COVID-19 juga menjadi penyebab langkah besar ini terpaksa diambil.

Efek paling signifikan dari keputusan tersebut akan dirasakan oleh tenaga kerja. Di Wichita, tempat produksi pesawat, sekitar 250 karyawan diperkirakan akan kehilangan pekerjaan mereka dalam 12 bulan ke depan. Masih ada kemungkinan bahwa beberapa dari mereka dapat dialihkan ke peran lain di perusahaan, tetapi itu akan melibatkan tawar-menawar kolektif dengan Bombardier. Pada akhirnya secara keseluruhan 1.600 pekerja diperkirakan di-PHK di seluruh perusahaan dengan  sekitar setengahnya di Kanada.

Martel menggambarkan pengurangan tenaga kerja sebagai hal “yang mutlak kami perlukan untuk membangun kembali perusahaan kami sementara kami terus melewati pandemi”.

Di antara perubahan yang mulai berlaku, selain pengurangan tenaga kerja adalah peningkatan fokus pada penyediaan layanan. Upaya manufaktur di segmen bizjet akan berfokus pada pesawat Challenger dan Global Express. Kedua seri ini menawarkan potensi yang jauh lebih besar untuk tumbuh dan berkembang.

Bagaimanapun Lerjet adalah catatan menarik di dunia pesawat. Agak mengherankan membayangkan bahwa prototipe pertama Learjet mengudara di Wichita pada tanggal 7 Oktober 1963.

Learjet pertama

Itu adalah bagian dari generasi pertama bizjet. Desainnya terinspirasi oleh pesawat tempur satu kursi FFA P-16 Swiss yang dibuat William P. “Bill” Lear setelah dia pensiun pada akhir 1950-an. Jika P-16 tidak pernah dipesan dalam jumlah banyak, Swiss-American Aircraft Corporation Learjet 23, seperti yang awalnya dikenal, menjadi kisah sukses.

P-16

Cepat, berpenampilan ramping, dan mampu dioperasikan oleh satu pilot, Learjet 23 ditenagai oleh sepasang turbojet General Electric CJ610. Ini adalah mesin non-afterburning dari J85 yang digunakan jet latih T-38 Talon.

Pesawat dengan cepat memenangkan pesanan. Bizjet baru dilaporkan memiliki tingkat pendakian awal yang lebih tinggi daripada jet tempur F-100 Super Sabre dan ketinggian jelajah tertinggi dari semua pesawat di kelasnya.

Fitur lain termasuk kontrol penerbangan manual. T-tail dan badan pesawat yang hanya selebar 62 inci dan tinggi 54 inci. Pada tahun 1965, pabrikan, yang saat itu bernama Lear Jet Corporation, mulai mengerjakan Learjet 24, dengan peningkatan berat lepas landas maksimum, yang pertama kali diterbangkan pada 24 Februari 1966.

Pesawat inipun mulai menyebar ke seluruh dunia. Learjet segera menjadi pilihan banyak orang kaya dan terkenal.  Frank Sinatra menukar jet buatan Prancis Morane-Saulnier MS.760 Paris miliknya dengan Learjet 23 baru pada tahun 1965. Dia meminjamkan jet tersebut ke Elvis Presley ketika dia dan Priscilla Beaulieu terbang ke Las Vegas untuk menikah pada tahun 1967. Pesawat yang sama juga menerbangkan Sammy Davis Jr dan Marlon Brando ke Mississippi untuk bergabung dengan Martin Luther King Jr dalam pawai kebebasan.

Pada akhirnya, begitu besar modal budaya yang dinikmati oleh Learjet sehingga pada awal 1980-an, perusahaan itu mengklaim pesawatnya paling banyak muncul film dan acara TV daripada pesawat lain dalam sejarah.

Pada tahun 1966, Lear Jet Corporation diambil alih oleh Gates Rubber Company, menjadi Gates Learjet Corp. Pada tahun yang sama, terlihat munculnya Learjet 25 dengan 10 tempat duduk dan 50 persen lebih besar namun jarak tempuh yang sedikit berkurang.

Berikutnya adalah Learjet 28 dan Learjet 29 Longhorn. Seri ini  hanya beberapa yang diproduksi, tetapi mereka adalah yang pertama dalam keluarga yang menambahkan winglet untuk meningkatkan efisiensi.  Antara 1964 dan 1982, 105 Learjet 23, 255 Learjet 24, dan 368 Learjet 25 telah dikirimkan.

Learjet 28

Ketika Learjet 35 delapan tempat duduk diluncurkan pada tahun 1973, pelanggan dapat menerima semua keuntungan dari mesin turbofan Garrett TFE731 yang lebih ekonomis dan lebih senyap, menggantikan turbojet sebelumnya.

Learjet 36 enam tempat duduk ditawarkan bersamaan dan keduanya memiliki sayap dan badan pesawat yang sedikit lebih besar. Learjet 35 juga menjadi favorit kuat untuk Angkatan Udara Amerika yang memperolehnya dengan sebutan militer C-21. Sementara itu, Learjet 36 digunakan pegolf Arnold Palmer untuk mencetak rekor dunia keliling baru pada tahun 1976. Perjalanan menempuh jarak 22.984 mil dalam 57 jam 25 menit, dan 42 detik. Pada saat produksi berhenti pada pertengahan 1990-an, lebih dari 730 unit Learjet 35/36 telah terjual.

Sementara itu, Learjet 55 dengan 10 tempat duduk telah ditambahkan ke dalam keluarga ini bersama dengan pesawat jarak jauh Learjet 55LR tujuh tempat duduk, Learjet 55XLR, dan Learjet 55B dengan kokpit kaca modern diperkenalkan di 1986.

Seri ini adalah yang pertama di mana penumpang dapat berdiri di dalam kabin dan juga menambahkan karakteristik “sirip delta” yang landai di bagian belakang badan pesawat. Total 147 model Learjet 55 yang berbeda dibuat hingga tahun 1992.

Pada tahun 1990 Bombardier mendapatkan jalur Learjet setelah Gates mulai mengalami kesulitan keuangan. Akuisisi ini awalnya melihat bizjet dibangun di bawah merek Learjet Inc, dan pemilik Kanada yang baru meluncurkan berbagai desain baru untuk memastikan kesuksesan di tahun 1990-an dan seterusnya.

Learjet 31 menggabungkan sayap Learjet 55 dengan badan pesawat Learjet 35 delapan tempat duduk dan merupakan yang pertama dari Learjets “generasi selanjutnya”. Pada saat Learjet 31A muncul pada tahun 1991, bizjet memiliki Bendix / King Electronic Flight Instrumentation System yang terintegrasi penuh dengan lima layar di kokpit dan kecepatan maksimum 0,81 Mach.

C-21

Learjet 60 yang pertama kali diterbangkan pada tahun 1990 adalah pengganti Learjet 55, dan merupakan Learjet terbesar hingga saat ini dengan tempat duduk hingga 12, dan menggunakan mesin turbofan Pratt & Whitney Canada PW300.

Baris pertama yang dirancang sepenuhnya dengan komputer, Learjet 45, memiliki tempat duduk untuk 10-11 kursi dan menandai tambahan baru pertama untuk keluarga ini sejak Learjet 23 asli. Versi singkatnya adalah Learjet 40, yang menggantikan Learjet 31 di jalur produksi Wichita dari tahun 2002.

Baris terakhir sekarang adalah Learjet 70 dan Learjet 75, yang dikenal sebagai Liberty, yang mulai dikirim pada 2013. Ini pada dasarnya adalah pesawat Learjet 40/45 yang diperbarui dengan peralatan terbaru termasuk avionik Garmin yang dikendalikan layar sentuh dan  interior modern mewah.

Learjet yang sudah dikenal tidak akan menghilang dari langit dalam waktu dekat. Dengan pemikiran tersebut, Bombardier telah mengumumkan program remanufaktur untuk pesawat Learjet 40 dan Learjet 45, yang dikenal sebagai Learjet RACER. Ini juga merupakan bagian dari peningkatan fokus perusahaan dalam menyediakan layanan bagi pelanggan yang sudah ada.

Learjet juga kemungkinan akan melihat lebih banyak tahun layanan di tangan kontraktor yang menyediakan layanan untuk angkatan bersenjata yang berbeda di seluruh dunia, dengan Learjet telah memantapkan dirinya, khususnya, sebagai pilihan populer untuk dukungan udara musuh, termasuk peperangan elektronik dan penarik target. Contoh lain masih kuat pada tugas pemetaan radar, dan bahkan telah digunakan sebagai pemain pertunjukan udara.

Keputusan itu juga akan membantu membuat tenaga kerja yang tersisa di Wichita sibuk, karena mereka terus mengerjakan banyak pesawat Learjet yang masih digunakan di Amerika Utara dan sekitarnya.