Kenapa AN-225 Mriya Kedua Tidak Dilanjutkan?

An-225 saat mendarat di Perth Australia 15 Mei 2016 (tribune.com.pk)

 

Bagi orang-orang yang telah melihat secara langsung Antonov An-225 ‘Mriya’, mereka beruntung melihat pesawat yang sangat langka. Selain dikenal karena ukurannya yang raksasa, An-225 menarik perhatian yang signifikan ke mana pun ia pergi karena hanya ada satu yang produksi.  Meski Antonov mulai membangun yang kedua, pesawat ini masih belum selesai. Mari kita lihat mengapa hal ini terjadi.

Antonov merancang dan membangun An-225 ‘Mriya’. Mriya sendiri adalah bahasa Ukraina yang berarti mimpi. Pesawat ini dibangun untuk mendukung program luar angkasa Soviet. AN-225 untuk menggantikan Myasishchev VM-T ‘Atlant, untuk membawa pesawat ruang angkasa ‘Buran’. Dalam hal ini ia memiliki tujuan mirip dengan Boeing 747 yang dikerahkan NASA untuk membawa Pesawat Ulang-aliknya dari satu tempat ke tempat lain.

Untuk video simak di sini:

An-225 mengudara pertama kalinya pada Desember 1988. Tahun berikutnya dia muncul pada tampilan statis di Paris Air Show. Pada tahun 1990, pesawat juga melakukan penerbangan demonstrasi di Farnborough Air Show. Program luar angkasa Soviet memerintahkan dua An-225 untuk membawa pengorbit dan boosternya.

Fakta bahwa Antonov tidak pernah mengirimkan An-225 kedua bukan karena tidak berusaha. Perusahaan itu mulai membangun pesawat pada 1980-an. Tetapi sebelum selesai Uni Soviet jatuh hingga program luar angkasa Buran pun juga tamat.

Hal ini membuat An-225 pertama bahkan tidak lagi digunakan. Raksasa itu ditempatkan ke gudang pada tahun 1994. Hal ini juga menyebabkan pekerjaan konstruksi pada pesawat kedua terhenti, dan badan pesawat yang sebagian dibangun juga disimpan. Namun, pergantian abad melihat kebangkitan An-225 dan Antonov mulai mengalihkan perhatiannya untuk menyelesaikan pesawat kedua.

Pada tahun 2006 ditargetkan untuk menyelesaikan pesawat pada tahun 2008. meskipun target ini segera tertunda. Pada tahun 2009 konstruksi ditinggalkan dengan pesawat dilaporkan 60-70% selesai. Jurnal Ukraina melaporkan pada 2011 bahwa dibutuhkan US$300 juta untuk menyelesaikan pesawat.

Pada 2020 lalu CEO Antonov menyatakan menerbangkan pesawat yang belum selesai itu tidal lagi layak secara ekonomi. Dengan An-225 yang ada hanya melakukan operasi yang cukup terbatas, menyelesaikan yang kedua sekarang tidak masuk akal secara finansial.

Dengan demikian kombinasi dari jatuhnya Uni Soviet dan kurangnya permintaan telah menyebabkan dunia tidak memiliki An-225 kedua.