KECELAKAAN FLYDUBAI : Teroris Tak Masuk, Hanya Soal Teknis atau Kesalahan Pilot

Flydubai

Dugaan penyebab kecelakaan pesawat Flydubai kian berkembang liar. Dua alasan utama paling mendominasi ulasan sejumlah pengamat dan media di Rusia adalah kemungkinan adanya kelalaian pilot atau kegagalan teknis.

Sementara faktor terorisme tidak masuk dalam ulasan. Meski dugaan banyak bermunculan, tetap saja kepastian penyebab kecelakaan Flydubai menunggu hasil investigasi dan hasil penelitian kotak hitam.

Hingga, Senin (21/3/2016) peneliti Rusia terus berusaha untuk mengembalikan perekam suara kokpit yang rusak. Menurut pejabat berwenang, rekaman percakapan pilot di kokpit rusak parah. Ini yang harus di perbaiki dan dipelajari meski butuh waktu yang cukup lama.

Menanggapi dugaan penyebab kecelakaan pesawat, CEO Flydubai Ghaith Al Ghaith, menegaskan masih terlalu dini untuk menentukan mengapa pesawat yang berusia lebih dari lima tahun, jatuh.

Salah satu pertanyaan yang belum terjawab besar menurutnya, adalah mengapa pesawat yang sedang berusaha mendarat dalam kondisi angin kencang tidak diinstruksikan untuk mengalihkan landing. Padahal, sebuah pesawat Aeroflot sebelumnya diminta untuk membatalkan pendaratan dan dialihkan ke bandara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.