Ini Dia HondaJet, Konon Paling Cepat di Kelasnya

hondajet
hondajet

Pabrikan otomotif Honda mengklaim, pesawat buatan mereka adalah yang tercepat di kelasnya. Pesawat yang dinamai HondaJet ini bahkan sudah diminati pasar sejak Desember 2015 lalu.

Honda menyebutkan pesawat HondaJet mampu terbang dengan kecepatan hingga 420 knot atau 483 mil per jam. Kecepatan itu diklaim paling top di antara pesawat sejenis. Tak hanya itu, pesawat berdesain mungil itu juga diklaim sangat efisien bahan bakar.

Proses Honda menerbangkan jet unggulannya tersebut tidaklah mudah. setelah selesai produksi di markas Honda Aircraft Company, Greensboro, North Carolina, HondaJet melakukan serangkaian uji terbang tertutup. Hingga akhirnya US Federal Aviation Administration (FAA) memberikan sertifikasi layak terbang.

Honda Aircraft menyebutkan, secara desain, HondaJet mengadopsi struktur yang kuat, ringan dan simpel. Bodi pesawat dibuat dari material komposit ringan, lebih ringan dari aluminium.

Untuk dapur pacu alias mesin, Honda bekerjasama dengan GE (general Electric) untuk menyematkan jet berkekuatan besar. GE memang dikenal spesialis memproduksi mesin pesawat. Salah satu yang paling legendaris adalah GE menjadi andalan Boeing untuk urusan mesin jet pesawat komersial semua jenis.
HondaJet memiliki panjang 42,62 ft (12,99 m), lebar sayap 39,76 ft (12.12 m) dan tinggi 14,90 ft (4,54 m). Ukuran kabin mampu menampung hingga enam orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.