Indonesia Bakal Punya Bandara Terbesar di Asia Tenggara

    Menurut catatan Flightzone, jika benar perluasan Juanda ini terealisasi, bandara tersebut bakal mengalahkan Cairo International Airport (Luas 2.550 hektare) yang menjadi pusat sejumlah maskapai besar seperti Alexandria Airlines, Al Masria Universal Airlines, Egypt Air Express dan AMC Airlines. Daya layan penumpang di Juanda juga bakal jauh di atas Cairo International Airport, sebab bandara itu hanya melayani 14 juta penumpang tiap tahunnya sementara Juanda dipersiapkan untuk melayani 75 juta penumpang setiap tahunnya.

    [Baca juga: 10 Bandara Terbesar Sejagat]
    Bandara Juanda tampak citra satelit dalam jarak 200 meter di atas permukaan tanah. (google map)
    Bandara Juanda tampak citra satelit dalam jarak 200 meter di atas permukaan tanah. (google map)

    Dengan angka layanan sebesar itu, Juanda juga bakal jauh lebih sibuk mengalahkan Bangkok International Airport, Thailand (2.980 hektare) yang melayani 40 juta penumpang setiap tahunnya.

    Bahkan Juanda bakal melibas kemampuan Bandara Charles de Gaulle, di Timur Laut Paris, Prancis. Bandara pusat operasi kargo FedEx Express, maskapai Air France dan Delta Air Lines itu tercatat hanya melayani 62 juta penumpang tiap tahunnya dan dengan angka itu sudah dipredikati menjadi bandara tersibuk di Eropa.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.