Mengintip Kamar Tidur Rahasia Pramugari di Pesawat

Awak kabin juga manusia yang perlu tidur dalam penerbangan jarak jauh. Tapi di mana mereka bisa melakukannya?

Sebagian besar pesawat Boeing 777 dan 787 memiliki tangga rahasia yang mengarah ke sekelompok kecil kamar tanpa jendela untuk awak kabin – termasuk kamar tidur tersembunyi untuk pilot – yang hanya diketahui sedikit orang.

Lokasi rahasia ini tergantung pada jenis pesawat, tetapi biasanya tempat istirahat awak tersembunyi di belakang kokpit, di atas kelas satu, seperti pada Boeing 777 ini.

Di Boeing 777, area istirahat di atas kelas satu/ Boeing

Tangga rahasia mengarah ke kamar tidur tempat awak kabin tidur yang tersembunyi di balik pintu. Para awak kabin harus berjalan pelan agar langkahnya tidak terdengar atau dirasakan oleh penumpang.  Pintu juga memiliki kode atau kunci untuk membukanya.

Tangga menuju kamar rahasia

Tetapi beberapa kabin juga masuk melalui lubang palka rahasia yang terlihat seperti tempat sampah biasa.

Palka menuju ruang istirahat Boeing 773 milik American Airline.

Lantai atas inilah merupakan ruang tidur yang sempit tanpa jendela dengan delapan tempat tidur atau tujuh, tergantung pada maskapai. Tempat tidur dipisahkan oleh tirai

Area istirahat kabin di Boeing 787 Dreamliner.

Para kru menikmati area istirahat di atas pesawat Boeing 777, yang, tergantung pada maskapai, dapat memuat enam hingga 10 ranjang, serta ruang penyimpanan pribadi untuk setiap anggota kru.

 

Di Boeing 777, pilot memiliki kompartemen tidur  sendiri, yang memiliki dua tempat tidur yang lapang, serta dua kursi kelas bisnis, dan ruang yang cukup untuk lemari, wastafel, atau toilet, tergantung pada maskapai.

Pilot memiliki ruang sendiri untuk bersantai/ Boeing

Tempat tidur, yang umumnya sekitar sepanjang enam kaki dan lebar dua setengah kaki, dipartisi dengan tirai tebal yang dimaksudkan untuk meredam kebisingan.

Kru juga memiliki area penyimpanan pribadi di ruang-ruang ini.

Area-area ini tidak dapat digunakan selama taksi, lepas landas, atau mendarat dan hanya boleh digunakan satu orang per tempat tidur.

Peringatan penggunaan area

Kamar umumnya memiliki lampu baca, cantelan, dan cermin, serta beberapa ruang penyimpanan pribadi. Biasanya mereka datang dengan selimut dan bantal, kadang-kadang bahkan piyama.

Area sederhana, tetapi lengkap.

Meskipun beberapa – dan ini bervariasi menurut maskapai – sedikit lebih mewah, dan memiliki sistem hiburan. Beberapa pesawat, seperti Boeing 787 Dreamliner Air Canada, memiliki area tidur yang datar dan terbuka.

Beberapa tempat istirahat memiliki sistem hiburan/ Reuters

Pesawat-pesawat lain, seperti Boeing 773 American Airlines ini, memiliki tempat tidur yang dipartisi di sepanjang lorong, mengingatkan pada sebuah kapal pesiar. Lorong sangat rendah sehingga Anda harus berjalan merunduk saat melewatinya.

Area istirahat di Boeing 773 terlihat seperti di kapal.

Yang lain memiliki tempat tidur susun yang ditumpuk satu sama lain, seperti pesawat Malaysia Air A380 ini.

Tempat tidur susun

Meskipun sebagian besar kamar terasa sesak, kabin mewah di Airbus A380 Singapura ini terlihat cukup nyaman.

Bantal halus terasa mewah.

Tidak ada ruang untuk berdiri.

Facebook Comments