Kemana Perginya Kotoran Manusia di Pesawat?

0

Saat menggunakan toilet di pesawat terbang, pernahkan Anda bertanya-tanya kemana perginya air urin atau kotoran semua penumpang yang buang hajat di toilet pesawat?

Pada 1934, percaya atau tidak, ternyata kotoran manusia di pesawat dibuang begitu saja dari angkasa.

Saat itu pesawat milik Inggris bernama Supermarine Stranraer dilengkapi toilet duduk yang jika dibuka penutupnya langsung terhubung dengan udara luar. Toilet ini memanfaatkan daya isap angin luar pesawat untuk menyedot kotoran, sedikit mirip toilet di beberapa kereta api Indonesia.

Bagi penumpang pesawat di era Perang Dunia II, mungkin toilet Elsan menjadi hal paling dibenci selama penerbangan. Toilet ini berbentuk seperti bak tinggi yang diberi penutup dan tempat untuk duduk. Celakanya, toilet ini sering kali meluap dan memuntahkan isinya keluar. Terlebih saat pesawat tiba-tiba melakukan manuver terbang ekstrem.

Dalam laporan The Telegraph, tentara Inggris biasanya ikut menjatuhkan toilet Elsan yang sudah penuh berisi kotoran bersamaan dengan bom. Hal itu dimaksudkan untuk membuang si toilet sambil melumpuhkan tentara Jerman yang apes.

Setelah itu muncul toilet berbentuk kotak yang sulit digunakan yang diisi cairan desinfektan berwarna biru bernama Skykem. Namun toilet ini juga rawan bocor.

Next: Toilet James Kemper
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.