Seri Pesawat Pertanian (8): Produk Polandia-Amerika yang Melegenda

Pesawat PZL-Mielec M-18 Dromader adalah pesawat pertanian bermesin tunggal yang diproduksi oleh PZL-Mielec di Polandia. Pesawat ini digunakan terutama sebagai mesin semprot tanaman dan kadang dimodikasi untuk pemadam kebakaran.

PZL-Mielec, yang kemudian dikenal sebagai WSK-Mielec, mulai merancang Dromader pada pertengahan tahun 1970-an. Perusahaan ini memperoleh bantuan produsen pesawat Amerika Serikat, Rockwell International. PZL-Mielec meminta bantuan Rockwell karena situasi politik saat itu. Meski beroperasi di sebuah negara Blok Timur, PZL ingin agar pesawat tersebut laku di seluruh dunia, dan perusahaan tersebut menyadari bahwa sertifikasi FAA penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Rockwell di sisi lain ingin menempatkan mesin radial berdaya tinggi produk Polandia ke pesawat pertanian produksi mereka sendiri. Jadi ini adalah kerja sama saling menguntungkan, dimana masing-masing memperoleh manfaat dan berbagi kelebihan. Sebagai hasil dari kerja sama ini, lahirlah pesawat Commander Rockwell Thrush dilengkapi dengan mesin PZL-3. Perancang Polandia kemudian menciptakan pesawat dengan muatan yang lebih besar, M-18 Dromader dengan mengenalkan mesin ASz-62 yang lebih kuat.

Langkah ini dilakukan dengan melakukan perubahan struktural pada badan pesawat dan meningkatkan dimensi.  Prototipe pertama pesawat terbang terbang pada 27 Agustus 1976. Pada September 1978, pesawat tersebut diberi sertifikasi untuk terbang di Polandia. Sertifikasi dari banyak negara di seluruh dunia segera menyusul. Banyak pesawat jenis M-18 dan variasinya masih bisa dilihat di seluruh dunia. Produk ini dijual ke 24 negara, lebih dari 200 digunakan di Amerika Serikat. Kebanyakan Dromader mudah dibedakan karena warnanya yang kuning khas.

Pesawat pertanian M-18 Dromader telah menjadi salah satu produk perdagangan pesawat terbaik dari Polandia. PZL Mielec memproduksi Dromader dalam kerja sama dengan Rockwell International di AS pada pertengahan tahun 1970-an. Sejak awal, inti kerja sama ini adalah menciptakan pesawat yang memenuhi semua persyaratan dunia penerbangan.

Model pertama menggunakan kursi tunggal. Polandia menerima akreditasi Dromader pada September 1978, dan produksi dimulai pada tahun yang sama. Konfigurasi Dromader pada dasarnya secara tradisi adalah mendasarkan kekuatan yang dipasok oleh motor. Pemakaian kursi tunggal pada M-18 berlangsung sampai 1984. Setelah itu, muncul seri dengan dua kursi dan diberi nama seri M-18a. Dua kursi di M-18a diciptakan untuk memungkinkan pengangkutan teknisi atau loader ke medan yang sulit.

Di Amerika Serikat, perusahaan bernama Melex yang sebagian sahamnya dimiliki oleh PZL Mielec, memberikan perbaikan turboprop dan kemudian mengeluarkan seri M-18/T45 Turbine Dromader. Turbin Dromader pertama kali terbang di tahun 1985 dan FAA mengeluarkan pada April 1986. Di bidang pesawat pertanian, nama ini adalah salah satu legenda yang tidak mungkin terlupakan.