CH-53K King Stallion Lebih Mahal Dibanding F-35

King Stallion, helikopter baru milik Marinir Amerika akan menjadi helikopter termahal di dunia. Yang fantastis, harga helikopter ini bahkan akan lebih mahal dibandingkan F-35A.

Kedua kendaraan udara ini dibangun oleh Lockheed Martin dengan King Stallion  dibuat oleh Sikorsy yang merupakan anak perusahaan Lockheed.

CH-53K King Stallion  saat ini diperkirakan serharga sekitar US$95 juta. Sedangkan pesanan F-35 yang ke-10 yang dilakukan Pentagon telah mampu menekan harga pesawat siluman ini pada angka US $ 94,6 juta untuk setiap unitnya.

“Ada indikasi harga King Stallion akan terus naik,” tulis laporan DoDBuzz Selasa 14 Maret 2017.

Pada tahun 2016, Government Accountability Office mengeluarkan laporan yang merinci bahwa perkiraan biaya tunggal CH-53K ditetapkan naik  14 persen dari perkiraan awal. Korps Marinir mengatakan  bahwa biaya helikopter yang diproyeksikan membengkak 22 persen, menjadi sekitar US$ 122 juta per unit.

Korps berencana untuk membeli 200 pesawat ini, sehingga kenaikan biaya dikalkan 200 pesawat maka total biaya tambahan yang diperlukan akan mencapai sekitar US$27 juta dari jumlah semula yakni US$5,4 miliar.