Zaman Modern, Mengapa Tidak Semua Pesawat Punya Kamera Eksternal?

Perkembangan teknologi begitu cepat. Namun hingga kini tidak semua jenis pesawat komersial memiliki kamera eksternal yang menghubungkan bagian luar pesawat dengan kokpit dan kabin penumpang. Berikut ulasan mantan pilot US Airways, John Cox, yang kini menjadi konsultan keamanan penerbangan.

Mobil pribadi banyak yang dipasangi kamera eksternal untuk memudahkan pengemudi melihat bagian detil di luar. Lantas bagaimana dengan pesawat komersial pabrikan Boeing dan Airbus?. Sebenarnya kamera eksternal sudah ada di pesawat komersial.

Namun tidak semuanya. Kamera ini biasanya disediakan pabrikan untuk jenis pesawat besar seperti Boeing 747-8 dan A340 dan A380. Memang jenis jenis pesawat ini tergolong baru.

Fungsi kamera ini untuk membantu pilot saat taxiway dan perjalanan menuju parkir. Untuk jenis pesawat besar lain masih mengandalkan keandalan pilot dan kejelian pilot.

Memang kamera eksternal di pesawat masih belum begitu banyak digunakan. Teknologi ini sebenarnya mudah namun memang dianggap diperlukan untuk jenis pesawat tertentu saja. Meski begitu, hingga saat ini tidak ada pilot yang mengeluhkan tidak adanya kamera eksternal di pesawat. Semua pilot sudah memiliki kapabilitas untuk mengendalikan pesawat tanpa kamera sksternal.

Bahkan maskapai sekaliber American Airlines kadang masih mengandalkan pengamatan mata. Terutama saat hendak take off dan setelah landing. Awak kabin biasnya ada yang memperhatikan dan mengawasi sayap pesawat untuk memastikan sayap tidak menabrak sesuatu.

Namun seiring perkembangan zaman, saat ini pesawat sudah memiliki teknologi kamera eksternal modern. Bahkan Airbus dan Boeing sudah mengembangkan teknologi yang memungkinkan penumpang bisa melihat suasana di luar pesawat seperti pemandangan di kokpit. Semuanya mungkin terjadi. Penumpang bisa melihat secara detail bagaimana kondisi di depan pesawat hanya lewat layar monitor di depan kursi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.