Pembajakan Dan Cooper, Misteri 45 Tahun yang Tidak Terpecahkan

Pada tahun 1971, seorang pria yang menyebut dirinya Dan Cooper membajak sebuah pesawat penumpang dari Oregon ke Seattle di mana ia membebaskan 36 penumpang yang ditukar dengan uang tunai sebesar US$ 200.000 (jumlah yang cukup besar untuk saat itu}.

Pesawat yang sudah hampir kosong kemudian lepas landas lagi dan  terbang ke selatan, ia kemudian melompat dari  pesawat dengan uang tebusan dan setelah itu dia tidak pernah terlihat lagi.  Selama 45 tahun sejak peristiwa itu, tidak ada jejak tubuh Cooper  ditemukan, memicu spekulasi ia selamat.

Pada tahun 1980 seorang anak muda menggali pasir di utara dari Portland menemukan  bundel uang tunai yang cocok dengan nomor seri uang tebusan Cooper.

Kisah sekitar Cooper tumbuh, tetapi tetap menjadi misteri. “Daya tarik dengan Cooper telah bertahan bukan karena penyelidikan FBI, tapi karena ia mampu melakukan sesuatu yang tidak hanya menangkap imajinasi publik, tetapi juga mempertahankan rasa misteri di dunia,” tulis penulis Geoffrey Gray dalam bukunya Skyjack: The Hunt for DB Cooper.

Ada teori, tentu saja, tentang siapa D.B. Cooper. Dia pasti bukan bernama asli  Dan Cooper, nama ini digunakan  ketika dia membeli tiketnya. (Dia menjadi D.B. Cooper karena kesalahan wartawan. Mungkin karena inisial atau entah bagaimana)

Tetapi bahkan setelah FBI menutup buku  kasus misterius DB Cooper, detektif swasta telah menolak untuk menyerah mencari jawaban. Mereka  terus menyelidiki siapa pengusaha berpakaian rapi itu, mengapa ia membajak sebuah penerbangan domestik  45 tahun yang lalu, dan bagaimana ia kemudian menghilang tanpa jejak.

Minggu ini, para ilmuwan yang bekerja untuk Citizen Sleuths  kelompok yang melakukan investigasi sendiri ke dalam kasus Cooper pada tahun 2007  mengklaim mereka memiliki terobosan.

Karya mereka telah menarik perhatian dari FBI, yang beberapa tahun yang lalu membiarkan mereka memeriksa petunjuk, termasuk dasi hitam, klip dasi JC Penney yang telah ditinggalkan di kursi 18E yang digunankan Cooper. Dasi itu disebut detektif swasta  telah memberi mereka petunjuk kuat tentang identitas pria itu.

“Sebuah dasi adalah satu-satunya  pakaian yang tidak dicuci secara teratur,” tulis kelompok ini  di situs web mereka. “Ini membawa kotoran dan debu seperti setiap bagian lain dari pakaian, tapi  tidak pernah benar-benar dimasukkan di mesin cuci. Setiap partikel  berasal dari sesuatu dan suatu tempat dan dapat bercerita jika instrumen yang tepat seperti mikroskop elektron yang digunakan ”

Para ilmuwan menggunakan mikroskop elektron yang kuat untuk menemukan lebih dari 100.000 partikel dari pada dasi, termasuk titanium murni, yang paling menarik perhatian mereka.

Mereka mengatakan titanium adalah logam langka pada tahun 1971, dan mengaitkan  Cooper dengan sejumlah manajer atau insinyur di bidang titanium yang  memakai dasi untuk bekerja.

Berdasarkan temuan ini, para ilmuwan mengatakan mereka percaya Cooper bekerja untuk  pembuat sangat pesawat Boeing yang dia dibajak. Pada saat itu, Boeing kebetulan bekerja untuk membangu  pesawat super sonic Transportasi yang menggunakan unsur-unsur tersebut.

FBI mengatakan akan menyimpan bukti dari kasus di Washington, tetapi mereka tidak akan bertindak  lebih lanjut kecuali uang atau parasut Cooper ditemukan.