5 Jet Tempur Terburuk Yang Pernah Dibuat Amerika

F-35 Joint Strike Fighter

photo of the day f-35

Apaboleh buat, pesawat generasi kelima yang diagung-agungkan Pentagon ini masuk ke dalam daftar pesawat tempur terburuk yang dibangun Amerika. Setidaknya sampai saat ini di mana program berjalan sangat lama dan menghabiskan dana yang sedemikian besar.

Pesawat ini dirancang dengan ambisius di  mana satu pesawat bisa menggantikan peran seluruh pesawat yang ada. Kemudian pesawat dipecah dalam tiga varian yakni A yang merupakan pesawat dengan gaya konvensional, C untuk pesawat berbasis kapal induk dan B merupakan pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal sehingga cocok untuk beroperasi dari kapal serbu amfibi.

Pesawat ini juga mendapat kritikan tajam karena tidak memiliki tingkat manuver tinggi bahkan kalah dengan pesawat tua seperti F-16. Tetapi sejauh ini Pentagon meyakini F-35 Lighting II tetap akan menjadi pesawat yang terbaik. Apakah nantinya benar-benar akan menjadi yang terbaik atau tetap bertahan pada pesawat paling buruk yang pernah dibuat Amerika? hanya sejarah yang akan menjawab.