Pakistan Segera Terima Jet Tempur JF-17 Block II Terakhir

JF-17 Block II

Tiga pesawat tempur terakhir JF-17 Thunder Block II akan dikirim ke Angkatan Udara Pakistan (PAF) pada akhir Juni.

Angkatan Udara Pakistan mengatakan pesawat yang dibangun yang dibangun Pakistan Aeronautical Complex (PAC) ini merupakan bagian dari pesanan yang dilakukan pada akhir 2017 untuk tambahan 12 platform yang saat ini berada di jalur perakitan akhir Aircraft Manufacturing Factory (AMF) di PAC Kamra.  AMF telah membangun lebih dari 100 JF-17 sejak JF-17 pertama (serialled 09-111) diluncurkan pada November 2009.

Kepala Udara PAF Marshal Mujahid Anwar Khan mengatakan kepada Jane produksi varian Block III diharapkan akan dimulai akhir tahun ini. Dia  menambahkan bahwa Angkatan Udara Pakistan akan membuat keputusan pada salah satu dari dua radar AESA China yang akan digunakan. Keduanya saat ini sedang mengevaluasi untuk diguankan pesawat tersebut.

Dia mencatat bahwa, meskipun daya dukung dan biaya akan menjadi faktor dalam keputusan tersebut, Angkatan Udara Pakistan berharap agar pesawat beroperasi dengan radar baru pada Maret 2020.

Radar KLJ-7A dari Nanjing Research Institute Technology Electronics sedang dipasarkan oleh China Electronics Technology Group Corporation (CETC) dengan opsi pendingin udara dan pendingin cair. Pesaing kedua adalah Leihua Electronic Technology Research Institute (LETRI), yang menawarkan radar AESA pendingin udara yang dikenal sebagai LKF601E.

Sementara itu, fasilitas pesawat udara di PAC Kamra baru-baru ini menyelesaikan inspeksi 1.000 jam pertamanya pada JF-17 pertama. Ini terjadi setelah PAC Kamra dan Perusahaan Industri Pesawat Terbang Chengdu China (CAC), yang ikut mengembangkan pesawat tempur, masing-masing bekerja pada dua JF-17 untuk mengembangkan prosedur kerja.