Pramugari Selamat Setelah  Jatuh dari Ketinggian 1.000 Kaki

Rekor yang dipegang Vesna Vulovic dan pernah tercatat dalam buku rekor Guinness World Record  kemungkinan besar tidak akan pernah terpecahkan. Wanita ini menjadi satu-satunya orang yang selamat setelah jatuh dari ketinggian 10.160 meter tanpa parasut pada 1972.

Vesna, pada yang saat itu bekerja sebagai pramugari maskapai penerbangan JAT nomor penerbangan 367, menjadi satu-satunya orang yang selamat saat pesawatnya  meledak di atas Srbska Kamenice, Cekoslowakia pada 26 Januari 1972,.

Saat itu, Vesna yang baru berusia 23 tahun tak seharusnya berada di kabin pesawat milik maskapai Jugoslavenski Aerotransport.  Guinness Book of Records mencatat jadwal Vesna tertukar dengan pramugari lain yang juga bernama Vesna, akhirnya dia ditugaskan di pesawat yang salah.

Dalam penerbangan naas dari Stockholm menuju Belgrade itulah pesawat McDonnell Douglas SC-9-32 meledak.  Pesawat itu hancur berkeping-keping di udara dan serpihannya jatuh di dekat sebuah desa di Cekoslowakia.

Ustache, kelompok teroriss ayap kanan pro-Nazi asal Kroasia, mengaku bertanggung jawab atas ledakan pesawat yang menewaskan 27 dari 28 penumpang pesawat itu.

Vesna, satu-satunya korban selamat, ditemukan di bagian ekor pesawat terjepit sebuah kereta dorong pembawa makanan. Tulang tengkoraknya patah, kedua kakinya patah, dan tiga tulang belakangnya hancur .

Setelah koma selama 27 hari, Vesna terbangun. Dia kemudian melanjutkan perawatan selama 16 bulan di rumah sakit. “Saya bukan beruntung. Semua orang menganggap saya beruntung, tapi mereka salah,” ujar Vesna.

“Saya beruntung jika tak terlibat dalam kecelakaan ini lalu ibu dan ayah saya tetap hidup. Tragedi ini menghancurkan hidup mereka juga,” kata Vesna, 30 tahun setelah kecelakaan itu.

Guinness mencatat, Vesna tak menderita trauma psikologis apapun dan insiden itu tak membuatnya takut terbang. Namun, pada  24 Desember 2016 lalu  Vesna ditemukan meninggal dunia di apartemennya di Belgrade, Serbia dalam usia 66 tahun. Jasadnya ditemukan kakak laki-lakinya yang curiga setelah selama beberapa hari terakhir Vesna tak menjawab teleponnya.