10 Program Penerbangan Paling Terkenal Kerja Sama Prancis-Inggris

Concorde Rayakan Ultah

Inggris dan Perancis pada akhir 2015 bersepakat untuk bersama-sama mulai merancang sebuah system pertempuran masa depan. Dan sepertinya ini mengulang sejarah karena kedua Negara memang memiliki garis kerjasama dalam soal senjata, terutama pesawat.

Meski dalam beberapa proyek terjadi pasang surut. Apa saja kerjasama program penerbangan antara kedua Negara tersebut? Berikut 10 yang terkenal

1. Aérospatiale-BAC Concorde

1

Merupakan salah satu pesawat paling ikonik yang pernah terbang. Aérospatiale-BAC Concorde tetap menjadi satu-satunya pesawat supersonik yang digunakan untuk penerbangan sipil.

Hasil dari proyek bilateral disepakati pada tahun 1962 untuk mengembangkan transportasi supersonik, Concorde digulirkan keluar dari ruang produksinya pada bulan Desember 1967 dan pertama kali terbang pada tahun 1969. Dengan bentuk  ramping dan kinerja kecepatan tinggi, pesawat membangkitkan glamor perjalanan  jarak jauh, tetapi gagal untuk menarik volume pesanan.

Salah satunya karena   krisis minyak internasional dari awal 1970-an. Pada akhirnya, hanya Air France dan British Airways yang mengakuisisi pesawat desain 593 dengan mesin Rolls-Royce / Snecma Olympus yang hanya diproduksi 14 buah ini.

Sebuah kecelakaan fatal Concorde Air France di Paris pada 25 Juli 2000 menandai awal dari akhir pesawat ini. Meski sempat kembali digunakan setelah digrounded pada  November 2001 dengan mendapat sejumlah perangkat baru tetapi pesawat ini akhirnya dihentikan penggunaanya   pada tahun 2003 setelah 27 tahun pelayanan.

NEXT: SIPECAT Jaguar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.