Mi-26 Vs CH-47: Dua Raksasa dari Dua Kutub

KEMAMPUAN

mi-26 t

Mi-26

Mi-26 ini didukung oleh 2 mesin turboshaft besar D-136 yang mampu memproduksi lebih dari 11,000shp setiap mesinnya. Turbin ini memutar sebuah rotor utama 8 berbilah dengan diamater 32m. Ukuran kargo sekitar 15 × 3,2 × 3,15 meter, dan dapat mengangkat lebih dari 20 ton payload baik di dalam teluk kargo atau digantung di bawahnya.

Mi-26, dibandingkan dengan Jet Ranger
Mi-26, dibandingkan dengan Jet Ranger

Sebuah Mi-26 benar-benar dapat mengangkat 2 CH-47 jika diperlukan, meskipun Chinooks harus membutuhkan modifikasi intens seperti penghapusan mesin, rotor, gear box dll untuk dibawa Mi-26.

Mi-26 dapat membawa sekitar 100 warga sipil atau 80 pasukan tempur dilengkapi tentara. Kendaraan lapis baja seperti BMD-4 dan BTR-80 dapat diterbangkan oleh helikopter tersebut. Bayangkan sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa Mi-26 mengirimkan seluruh unit mekanik siap tempur, dan membawa ke sebuah wilayah yang paling tepat untuk menyerang musuh. Ini adalah mimpi buruk bagi komandan di lapangan.

Dengan jangkauan maksimum lebih dari 1800km, helikopter ini sangat baik untuk melakukan pekerjaan yang dirancang untuk mereka.

Mi-26 mengangkat Chinook
Mi-26 mengangkat Chinook

Helikopter ini, meskipun besar dan mampu, setelah berakhirnya perang dingin tidak begitu banyak digunakan dan akhirnya lebih menarik bagi perusahaan angkat berat di seluruh dunia daripada angkatan bersenjata yang awalnya dirancang untuk dilayani. Helikopter ini sebenarnya setara dengan airlifters strategis besar tetap seperti C-5 yang berlebihan untuk operasi taktis yang umum dilakukan oleh tentara.

Mi-26 memuat sebuah BMD-3, kendaraan ini banyak digunakan oleh pasukan udara Rusia.
Mi-26 memuat sebuah BMD-3, kendaraan ini banyak digunakan oleh pasukan udara Rusia.

Sebuah desain Soviet untuk kebutuhan Soviet, sangat tidak cocok untuk angkatan darat lain di seluruh dunia. Jumlah pesanan internasional untuk helikopter terbatas, produksi dilakukan hanya untuk mengganti beberapa helikopter tua di layanan Rusia, dan meng-upgrade mereka.

CH-47

australia chinook

Rotor kembarannya ditempatkan di ujung badan pesawat yang merupakan cara terbaik dan efektif  untuk bisa menggunakan semua daya yang dihasilkan oleh mesin, daripada membuang-buang sekitar 15-30 persen pada rotor ekor.

Didukung oleh dua mesin turbo shaft Lycoming T55 helikopter ini dapat membawa sekitar 11 ton di teluk kargo atau di hook. Chinook juga memiliki kemampuan yang unik, dengan membawa tiga beban dengan tiga kait berbeda di bawah badan pesawat. Berkat desain rotor kembar, dapat menangani perubahan pusat gravitasi akibat beban yang tidak tersandang di bawah tengah helikopter.

Kabin cukup besar untuk 44 tempur pasukan. Helikopter juga telah digunakan sebagai dukungan serangan selama perang Vietnam, ditunjuk sebagai ACH-47, helikopter dipersenjatai dengan lima M60 atau M2S bersama dengan buah roket dipasang di stub wing.

Chinook Belanda membawa dua beban yang berbeda di cantelan yang berbeda di bawah badan pesawat.
Chinook Belanda membawa dua beban yang berbeda di cantelan yang berbeda di bawah badan pesawat.

Helikopter ini telah terbukti sebagai desain y ang tidak pernah mati. Telah diproduksi terus menerus selama lebih dari 50 tahun sejak tahun 1962  dengan beberapa negara memerintahkan Chinooks untuk menggantikan yang sudah ada atau menambah kemampuan angkat taktis baru.

Chinook digunakan untuk memindahkan Hind
Chinook digunakan untuk memindahkan Hind

Helikopter ini juga digunakan untuk operasi khusus angkatan bersenjata Amerika Serikat. Varian MH-47 dirancang khusus untuk misi ini, sementara varian terbaru yaitu CH-47F yang diproduksi untuk peran taktis biasa.

Chinook dirancang untuk menjadi menjadi sebuah truk terbang, sedangkan Mi-26 digunakan untuk menerbangkan truk.
Chinook dirancang untuk menjadi menjadi sebuah truk terbang, sedangkan Mi-26 digunakan untuk menerbangkan truk.