Spitfire, Pahlawan Inggris

Awal Perang Dunia II adalah hari-hari yang suram bagi Inggris karena dia masih berdiri sendirian melawan Nazi. Beruntung Inggris memiliki pesawat tempur Spitfire.

Spitfire adalah satu-satunya pesawat milik mereka yang dapat menandingi kualitas pesawat tempur Jerman yang canggih. Terutama Messerschmitt Bf 109E yang telah mengalahkan begitu banyak musuh lainnya.

Ribuan lagi Spitfire dipinjamkan ke Sekutu masa depan lainnya, termasuk Amerika Serikat sebelum mereka dapat mengembangkan pesawat kinerja tinggi mereka sendiri.

Berkat kerangka kuat Spitfire, sayap elips dan mesin 1.500 hp yang andal, pesawat ini adalah salah satu petarung multi-peran sejati pertama dalam sejarah. Sebelum perang, Inggris hanya memiliki 500 Spitfires dalam pelayanan. Namun, selama tahun-tahun perang, Inggris membangun hampir 20.000 pesawat ini dalam 24 varian berbeda. Versi paling kuat, Spitfire Mk VB, memiliki sepasang meriam 20mm dan empat senapan mesin kaliber .50. Yang mewakili daya tembak mengejutkan pada saat itu.

Sejarah

Meski sejarah pertempuran Spitfire yang luas berlangsung selama 15 tahun di 37 negara di seluruh dunia, mereka terkenal karena menyelamatkan Inggris dari invasi di awal Perang Dunia II. Ketika Winston Churchill dengan terkenal menyatakan, “Tidak banyak yang berhutang begitu banyak kepada begitu sedikit orang,” ia merujuk secara khusus kepada pilot Spitfire dan Hurricane milik RAF.

Secara drastis kalah jumlah dan sering kali beroperasi di tanah berlumpur karena pangkalan mereka diserang terus-menerus, para kru yang pemberani dan mesin-mesin andal mereka bertarung melawan serangan udara Blitz Luftwaffe selama hampir empat bulan.

Selama pertempuran terkenal ini, Jerman melancarkan serangan bom hampir setiap hari terhadap Inggris, yang sebagian besar menargetkan Angkatan Udara Kerajaan. Sebuah strategi saat itu membutuhkan Hawker Hurricane yang jauh lebih banyak tetapi kurang mampu untuk terbang cepat dan mencegat para pembom berat.

Spitfire yang lebih kuat hanya berfokus untuk menghancurkan pesawat tempur musuh yang mengawal para pembom. Pilot Luftwaffe paling berpengalaman akan menerbangkan pesawat terbaik mereka.

Tetap saja, Spitfires menang. Pertarungan yang mengerikan itu menelan korban ratusan awak Spitfire, tetapi  mesin perang Jerman itu mengalami kekalahan pertama di medan perang. Meski perang berkecamuk selama empat tahun lagi, tidak ada keraguan bahwa itu telah mencapai titik balik, sebagian besar berkat Spitfires dan pilot-pilot pemberani mereka.

Mesin Spitfire

Mesin V12 Rolls Royce Merlin yang didinginkan dengan cairan adalah legenda. Banyak pesawat, termasuk Supermarine Spitfire, dibangun dengan mesin sejenis. Pesawat pribadi menerbangkan Merlin pertama pada tahun 1933, tetapi produksi untuk Royal Army dimulai pada tahun 1936. Spitfire, Hawker Hurricane, dan Fairey Battle dilengkapi dengan Merlin pada pertengahan 1930-an.

Merlin Mark I, iterasi pertama mesin, menghasilkan sedikit lebih dari 1.000 tenaga kuda. Rolls Royce terus meningkatkan mesin mereka setiap tahun sepanjang perang sampai beberapa Spitfire beroperasi di atas 2.300 tenaga kuda. Mesin tersebut menyumbang hampir seperenam dari total biaya pesawat.

Di luar pertempuran, Spitfires telah menetapkan beberapa rekor kecepatan dan kinerja. Mungkin tidak ada yang lebih dramatis daripada pada bulan April 1944. Selama serangkaian latihan kecepatan tinggi untuk menguji batas operasional Spitfire, baling-baling dan roda reduksi benar-benar putus dari Spitfire yang diterbangkan oleh Anthony F. Martindale. Pesawatnya menukik tajam, dengan instrumen onboard meunjuk kecepatan maksimal  di 0,92 Mach — tercepat yang pernah dicatat dalam pesawat bermesin piston.

Martindale pingsan di bawah 11g sejak penyelaman, tetapi akhirnya sadar dan berhasil mendapatkan kembali kendali atas pesawat. Sayap lurus Spitfire ditekuk ke belakang, tetapi Martindale berhasil meluncur Spitfire 30 kilometer ke lapangan udara terdekat dan mendarat dengan selamat

Spesifikasi

  • Panjang: 29 ft 11 in (9,12 m)
  • Tinggi: 11 kaki 5 inci (3,86 m)
  • Lebar sayap: 36 kaki 10 in (11,23 m)
  • Kecepatan Maks: 370 mph (595 km / jam)
  • Langit-langit: 36.500 kaki (11.125 m)
  • Berat Lepas Landas Maksimal: 6.700 lb (3.039 kg)
  • Powerplant: 1 × Rolls-Royce Merlin 45 [nb 16] mesin V12 supercharged, 1.470 hp (1.096 kW) pada 9.250 kaki (2.819 m)
  • Kisaran: 1.135 mi (1.827 km)
  • Persenjataan: 8 × .303 ″ senapan mesin Browning yang terpasang di sayap
  • Awak: 1
  • Biaya Unit: US$ 16.878 per unit (setara US$900.000 atau sekitar Rp12 miliar hari ini)