Mi-26 Vs CH-47: Dua Raksasa dari Dua Kutub

IDEOLOGI DAN DESAIN

mi-26t2

Mi-26

Uni Soviet memiliki wilayah yang luas dan sebagian besar tidak dapat diakses ketika musim dingin yang ekstrem. Pasukan Soviet dilatih untuk beroperasi di daerah-daerah sulit terutama di musim dingin karena dua kali cattan sejarah dingin Rusia yang parah telah memberi mereka keuntungan atas musuh mereka dan memukul mundur serangan musuh yang kredibel.

Mereka menghadapi masalah dalam mengangkut amunisi, bahan bakar, senjata, pasukan, bahkan senjata strategis dan taktis dalam jumlah besar untuk pos-pos tersebut. Padahal pos-pos ini bisa menjadi kejutan besar dan mematikan bagi musuh menyerang.

Mi-6
Mi-6

Pada 1960-an, helikopter terbesar Mi-6 yang ada belum mampu menjawab kebutuhan pasukan Soviet. Mereka membutuhkan helikopter baru. Biro Mil kemudian mulai mengembangkan Mil V-12, helikopter terbesar yang pernah dirancang dan dibangun, tapi akhirnya justru menjadi helikopter yang rawan karena desain yang sangat kompleks. Helikopter itu seharusnya bisa membawa beban mengejutkan hingga 40 ton pada jarak lebih dari 100 kilometer.

Raksasa terbang helikopter, Mil V-12.
Raksasa terbang helikopter, Mil V-12.

Soviet dengan cepat menyadari bahwa ini bukan yang mereka butuhkan. Sesuatu yang sedikit lebih kecil dengan muatan sekitar 20 ton sudah cukup untuk mengangkut kendaraan lapis baja ringan, atau sepasukan tentara. Persyaratan ini  kemudian dijawab oleh Mil dengan Mi-26. Helikpter yang memiliki volume internal yang besar, sehingga bisa membawa hulu ledak, rudal, mesin, tank, bahan bakar untuk rudal balistik taktis atau strategis atau rudal jelajah pada rentang 800km.

 Perbandingan V-12  dengan helikopter kecil Mi-2 yang memiliki tinggi 3.75m.

Perbandingan V-12  dengan helikopter kecil Mi-2 yang memiliki tinggi 3.75m.

Biro desain pergi melalui beberapa desain, termasuk desain rotor tandem. Karena muatan sangat tinggi, perakitan gear, drive shaft dan komponen lainnya akan menjadi besar dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan desain rotor tunggal konvensional.

Prototip pertama Mi-26
Prototip pertama Mi-26

Mereka juga mempertimbangkan aspek pemeliharaan, seperti kebiasaan Soviet yang memiliki kecenderungan merancang hal-hal berdasarkan utilitas murni dan kemudahan pemeliharaan, maka diputuskan untuk pergi dengan desain rotor tunggal. Mi-26 memasuki layanan pada awal tahun 1980-an dengan beberapa varian yang berbeda dirancang untuk berbagai peran.

BOEING CH-47

chinook

Sekarang mari lihat sejarah lahirnya Chinook.  Piasecki helikopter telah berhasil memproduksi dan menjual H-21 ke beberapa negara. Helikopter yang telah telah membuktikan dirinya dalam pertempuran.

Setelah dibeli oleh Boeing, di akhir 1950-an mereka mendapat permintaan dari Angkatan Darat AS untuk sebuah helikopter baru yang bisa menggantikan armada Sikorsky H-37. Helikopter H-37 menggunakan mesin ganda R-2800, yang juga digunakan pesawat tempur legendaris era Perang Dunia II seperti P-47 Thunderbolt, F4U Corsair dan F6F Hellcat.

H-37 Mojave
H-37 Mojave

Mesin piston memiliki daya rendah untuk rasio berat dan karenanya helikopter generasi baru, dimulai dengan UH-1 yang didukung oleh mesin turbo shaft yang pada dasarnya mesin jet untuk memberikan output berupa gerakan berputar dari turbin yang bukan knalpot di ujungnya.

Mesin ini menawarkan kekuatan yang luar biasa untuk rasio berat, dan memungkinkan mesin lebih kecil tetapi lebih kuat untuk dipasang pada helikopter generasi baru.

The Flying Banan alias H-21
The Flying Banan alias H-21

Angkatan Darat Amerika menginginkan apa yang bisa disebut sebagai truk langit, yang bisa membawa semua hal dalam kompartemen kargo, untuk secara cepat dipindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Desainer di Boeing melakukan penelitian menyeluruh tentang apa yang dibutuhkan US Army, dengan melakukan wawancara dengan beberapa komandan. Beberapa keinginan yang muncul dari wawancara itu adalah

  • Pintu kargo belakang
  • Mesin ditempatkan tinggi untuk menghindari FOD.
  • Perawatan mudah, bahkan dengan kargo dimuat.
  • Cocok untuk operasi kapal induk.
  • Mengurangi down wash.
  • Kemampuan untuk beroperasi dari permukaan air.
 Prototip CH-47 yang sebelum masuk layanan disebut sebagai YCH-1B

Prototip CH-47 yang sebelum masuk layanan disebut sebagai YCH-1B

Setelah pembahasan di hampir 300 desain, mereka memilih desain rotor tandem yang dinilai paling cocok untuk Angkatan Darat AS. Inilah yang kemudian melahirkan CH-47.

NEXT: KEMAMPUAN