Pilot Ini Sumbangkan Ginjal untuk Pramugari

Pilot Alaska Airlines Capt Jodi Harskamp melakukan tindakan heroik untuk menyelamatkan hidup Jenny Stansel, pramugari di penerbangan yang sama. Tidak dilakukan di kabin pesawat, tetapi di rumah sakit. Sang pilot akan menyumbangkan satu ginjalnya untuk pramugari yang kerap terbang bersamanya.

“Saya tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata tentang  apa yang Jodi lakukan untuk saya,” kata Stansel. “Dia menyelamatkan hidup saya, dan itu hadiah yang Anda tidak menerima setiap hari.”

Stansel telah menderita penyakit ginjal selama 15 tahun. Dia telah melakukan tujuh kali operasi  dan dia harus bertahan 10 jam dialisis setiap malam. Dia mengatakan tanpa transplantasi ginjal, ia akan menghadapi kematian.

Ketika ada pengumuman untuk karyawan Alaska Airlines tentang Stansel yang sedang mencari donor ginjal, Capt. Harskamp adalah orang pertama yang menyatakan bersedia  untuk menjadi sukarelawan. “Satu orang akan sulit untuk mengubah dunia, tetapi setidaknya satu orang bisa mengubah dunia seseorang,” kata Harskamp dilaporkan  ktuu.com, Sabtu 28 Januari 2017.

Stansel mengatakan pilot ini cukup  ngotot  menjadi donor ginjalnya. “Pada satu titik, dia datang menemui saya di ruang gawat darurat, dan dia bertengkar dengan dua pelamar donor lainnya tentang siapa yang akan memberi saya bagian tubuh mereka. Dia ngotot bahwa donor itu adalah dirinya,” kata Stansel dengan tertawa.

Harskamp sedang menjalani pengujian ekstensif dan golongan darah dia O +, yang merupakan syarat yang sempurna untuk menyumbangkan ginjal bagi Stansel.

Kebaikan kapten bukan tanpa risiko untuknya. Jika dia tidak sembuh sepenuhnya, itu bisa mengakhiri karier terbangnya. Tapi Harskamp mengatakan, “Pekerjaan saya adalah penilaian risiko  itulah yang saya lakukan untuk hidup Dan aku telah menetapkan bahwa pahala adalah jauh lebih besar daripada risikonya.”

Dia mengatakan dia berbicara dengan beberapa pilot lainnya, yang telah menyumbangkan ginjal, dan semua telah kembali bekerja.

Di satu sisi, Capt. Harskamp ingin membalas budi  kebaikan  Stansel ketika rumahnya terbakar habis empat tahun kaky. ” Aku dievakuasi dengan bayi dan anjingku, dan cukup banyak berdiri di sana dan menyaksikan rumah saya membakar. Rumah terbakar  selama enam jam. Itu mengerikan,” kata Harskamp.

Setelah api, ketika Harskamp dan keluarganya berada di penampungan sementara, pramugari membawa mereka makan malam setiap malam. Stansel adalah salah satu yang pertama. Dia membawa panci besar berisi lasagna.

Keduanya tahu bahwa operasi mendatang akan menjadi tantangan, dan itu akan mengubah hidup mereka. Tapi mereka menghadapi semua itu dengan tertawa dan senyum.

Capt Harskamp berkata sambil tertawa, “Dan jika kita terbang bersama, aku akan membuat pengumuman [untuk penumpang] ‘Inilah Jenny. Dia punya ginjal saya. Jadilah bagus untuk Jenny.'”

Harskamp akan menjalani operasi pada 13 Maret, dan ia berencana untuk mengambil 8 sampai 12 minggu  off dari kerja untuk pulih. Waktu pemulihan Stansel diperkirakan akan memakan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu, dan dia berharap untuk kembali bekerja tiga bulan setelah operasi transplantasi.