Argentina Beri Izin Baru Maskapai Berbiaya Murah

    Kementerian Perhubungan Argentina telah memberikan izin untuk maskapai berbiaya rendah FB Lineas Aereas, yang dikenal secara komersial sebagai Flybondi, untuk mengoperasikan penerbangan domestik dan internasional. Keputusan ini telah disampaikan secara resmi oleh pemerintah negara tersebut.

    Dengan keputusan tersebut, setidaknya ada lima maskapai yang menerima izin pada tahun ini dari otoritas penerbangan sipil untuk beroperasi. Argentina yang merupakan kekuatan ekonomi ketiga terkuat di Amerika Latin kini memiliki American Jet, Alas del Sur dan Andes Lineas Aereas. Sedangkan pada bulan Mei lalu, dikeluarkan pula izin bagi maskapai dari Kolombia Avianca Holdings SA, meskipun ada dugaan bahwa maskapai ini terkait dengan Presiden Argentina Mauricio Macri.

    Pemerintah Argentina memperkirakan bahwa masuknya sejumlah maskapai baru ke pasar penerbangan murah akan meningkatkan investasi sekaligus persaingan. Angkutan udara Agentina saat ini didominasi oleh perusahaan penerbangan Aerolineas Argentinas dan maskapai asal Chile, Latam Airlines Group SA. Persaingan ini akan menawarkan harga yang lebih kompetitif dan memacu investasi 2 miliar dollar AS dalam empat tahun ke depan dan meningkatkan perjalanan udara.

    Namun masuknya maskapai bertiket murah ini telah menimbulkan protes dari para karyawan maskapai besar, yang khawatir persaingan akan melemahkan keuntungan mereka. Izin untuk penerbangan murah ini akan berlaku selama 15 tahun ke depan.