Mesin Jet Hipersonik Siap Dibangun, Revolusi Penerbangan Kian Nyata

Daily Mail

Sistem propulsi hipersonik tidak lagi sekadar wacana. Mesin revolusioner ini telah mengambil langkah besar menuju pembangunan demonstran  dengan ukuran kira-kira seperempat dari ukuran aslinya.

Reaction Engines Ltd telah memutuskan untuk membawa desain mesin yang disebut sebagai Sabre untuk diwujudkan dalam demonstran.

Perusahaan yang berbasis di Oxfordshire telah mengembangkan turbin yang menggabungkan teknologi jet dan roket untuk mencapai tingkat lima kali kecepatan suara yang akan memberbi kemampuan terbang ke mana saja di dunia hanya dalam empat jam.

Tidak hanya bertujuan untuk membangun demonstran yang dapat mencapai daya dorong lebih dari 150.000 lb, perusahaan melangkah jauh dengan menargetkan mesin yang mampu menghasilkan sekitar 44.000 lb.

Menurut Aviation Week Network peneliti akan menargetkan mesin yang dibangun ini ukurannya lebih kecil atau setidaknya sama dengan mesin F135 yang digunakan jet tempur F-35 .

Selama ini pengembangan mesin pesawat hipersonik telah terkendala masalah dana.”Sekarang mesin ini lebih terjangkau, lebih cepat untuk mengeksekusi dan berpotensi untuk digunakan pertama lebih cepat,” kata CEO Reaction Engines Mark Thomas kepada Aviation Week Network dan dilansir Daily Mail Senin 26 September 2016.

mesin
Daily Mail

Perusahaan berencana untuk melihat tiga fase uji utama hingga 2020. Perusahaan ini berharap bahwa tes pertama akan berlangsung dalam 12-15 bulan ke depan. Kemudian, tim akan bergerak ke tes mesin terpadu di 2020-2021.

Pada tahap ketiga, perusahaan itu memandang ke arah konsep X-plane atau penerbangan pesawat demonstrasi.

Pada bulan Juli, Badan Antariksa Eropa telah menginvestasikan US$11 juta untuk pengembangan mesin ini. Seiring dengan ini, Reaction Engines mengumumkan bahwa mereka telah mengamankan lebih dari US$66 juta dana dari pemerintah Inggris, dengan lebih dari $ 55 juta dari Badan Antariksa Inggris, dan kontribusi ESA bertindak sebagai bagian akhir.

Pada saat ini, roket harus membawa oksigen cair dan hidrogen cair untuk bahan bakar mereka. Mesin baru menciptakan oksigen cair sendiri oleh pendingin udara yang masuk mesin dari 1.000 ° C sampai minus 150 ° C dalam seperseratus detik atau enam kali lebih cepat dari sekejap mata tanpa membuat penyumbatan es.

Hal ini memungkinkan mesin untuk bergerak dengan aman pada kekuatan tinggi dan lama, tanpa risiko akan terlalu panas dan meledak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.