Pesawat Mendarat Tanpa Roda di Jalan Tol Tabrak Mobil, 1 Tewas

Ilustrasi kecelakaan pesawat

Alih-alih menggunakan roda, pilot mendarat memakai perut pesawat dan tergelincir sampai menabrak sebuah mobil yang diparkir di sisi jalan tol.

Sebuah pesawat mendarat di jalan tol di Negara Bagian California, Amerika Serikat. Pesawat tersebut kemudian menabrak sebuah mobil dan menyebabkan seorang penumpang meninggal dunia.

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat jenis Lancair IV itu tampak mengalami kendala teknis sebelum mendarat darurat di jalan tol.

Namun, pendaratan tidak berlangsung mulus. Alih-alih menggunakan roda, pilot mendarat memakai perut pesawat dan tergelincir sampai menabrak sebuah mobil yang diparkir di sisi jalan tol.

Tabrakan itu kemudian menewaskan Antoinette Isbelle, perempuan berusia 38 tahun asal Kota San Diego, yang tengah duduk di bagian belakang mobil.

Chris Parent, selaku polisi patroli tol California, mengatakan supir mobil saat itu meminggirkan kendaraannya karena sedang menelepon.

Selain korban tewas, insiden itu menyebabkan lima orang cedera, termasuk pilot pesawat dan penumpang pesawat.

Pendaratan di jalan tol bukan yang pertama bagi pesawat itu. Pada 2000, pemilik pesawat sebelumnya, Matt Nokes, pernah melakukan pendaratan serupa di jalan bebas hambatan. Namun, kala itu tidak ada insiden fatal.

Nokes mengaku mengenal pilot pesawat secara pribadi. “Sedih mendengarnya,” katanya kepada kantor berita Associated Press dan dikutip detikcom, Minggu (3/4/2016) .

Selama satu dekade terakhir, tercatat terdapat tiga pesawat yang mendarat darurat di ruas jalan tol.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.