Pulau Bintan Diusulkan Jadi Kawasan Industri Khusus Penerbangan

Indonesia Aircraft Maintenance Services Association () mengusulkan pendirian kawasan industri khusus penerbangan di Pulau Bintan kepada Kementerian Perindustrian.

Chairman Indonesia Aircraft Maintenance Services Association (Iamsa) Richard Budihardianto mengatakan guna mengundang investasi di sektor perawatan angkutan udara, Iamsa mengusulkan pada pemerintah untuk membangun aviation park atau kawasan industri khusus penerbangan terpadu.

“Nanti kami memnita pemerintah untuk membangun aviation park. Di situ ada segalam macam yang berkaitan dengan aviasi. Salah satunya perawatan pesawat, pembuatan komponen, training center, pergudangan, dan suku cadang ada dalam satu kawasan,” ujarnya seperti dikutip bisnis.com, Jumat (1/4/2016).

Ia meminta kawasan tersebut untuk dikenakan bea masuk sebesar 0% agar mudah dalam melakukan kontrol. Sejauh ini, Pulau Bintan adalah lokasi yang paling berpotensi menjadi lokasi kawasan industri tersebut karena dekat dengan Singapura.

“Karena Singapura banyak proyek perawatan pesawat dan banyak perwakilan dari pabrik . Tapi yang kita tuju adalah pekerjaannya yang bisa diserap di Bintan karena di Singapura sudah overload. Kami enggak ikut mengurus tapi kami akan berpartisipasi membuka bengkel di situ.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.