Pesawat Komersial Diminta Hati-Hati Terbang di Wilayah Teluk Persia

    Federal Aviation Administration (FAA) memperingatkan maskapai penerbangan komersial yang terbang di wilayah udara di atas Teluk Persia dan Teluk Oman tentang risiko “salah diidentifikasi” di tengah ketegangan antara Washington dan Teheran, yang meningkat baru-baru ini.

    “Pilot-pilot sipil yang terbang di wilayah itu harus waspada akan aktivitas militer yang meningkat dan ketegangan politik yang meningkat,” demikian pernyataan Otoritas Penerbangan Federal.

    Ketegangan antara Washington dan Teheran telah meningkat akhir-akhir ini, karena Amerika Serikat telah meningkatkan kehadiran militernya di Teluk Persia dengan kelompok tempur kapal induk USS Abraham Lincoln, bomber dan jet tempur untuk mengirim “pesan yang jelas dan tidak salah” ke Iran.

    Washington juga menyetujui penyebaran tambahan sistem pertahanan rudal Patriot dan kapal perang amfibi Arlington ke wilayah tersebut. Iran telah mengutuk Amerika yang disebut melakukan “perang psikologis” dan berulang kali menyatakan kesiapannya untuk membalas jika terjadi konflik militer.