Ini Ide-Ide Aneh dalam Penerbangan Selain Kabin Bisa Dilepas

Melepas kabin dan dilengkapi parasut untuk menyelamatkan penumpang pesawat bukan satu-satunya ide aneh. Ada deretan desain aneh lainnya dalam dunia penerbangan komersial.

Penerbangan komersial modern sangat aman. Meskipun beberapa waktu terakhir memang terjadi bencana profil tinggi, seperti pesawat Germanwings yang kopilotnya sengaja menabrakkan pesawat ke pegunungan, pesawat Rusia yang meledak di langit Sinai dan diduga kuat akibat ulah teroris, dan juga kecelakaan saat take-off pesawat di Taiwan yang videonya ditangkap pengguna jalan. Itu sejumlah kecelakaan pesawat yang menjadi perhatian dunia pada 2015. Selebihnya, hanya insiden kecil yang tak makan korban jiwa.

Menurut analis industri penerbangan flightglobal, tingkat kecelakaan dalam penerbangan selama 2015, memiliki perbandingan satu kecelakaan dalam lima juta penerbangan. Bahkan Jaringan Keselamatan Penerbangan menyebut 2015 sebagai tahun paling aman untuk penerbangan dengan sedikit catatan.

Dalam video terbaru yang diposting di YouTube dan langsung viral di dunia maya, pembuat video Vladimir Tatarenko (yang dilaporkan seorang insinyur penerbangan Ukraina) membuat ide skenario penyelamatan penumpang pesawat yang ekstrem. Skenarionya, dalam kasus terjadi kegagalan mesin, kabin pesawat bisa dilepas dari sayap, mesin dan kokpit. Kabin diilustrasikan bisa mendarat selamat dengan parasut.
Namun ide ini langsung mendapat serangan dari kritikus yang menilai desain itu tidak efektif biaya dan bisa membahayakan penumpang.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=ZPkr3A9DTOc[/embedyt]

Ide kabin yang bisa dilepas ala Tatarenko ternyata bukan satu-satunya desain liar tentang pesawat dalam beberapa waktu terakhir.  Berikut beberapa ide penerbangan aneh dalam sejarah yang dirilis smithsonianmag, Kamis (21/1/2016):

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.