No Stealth, But Still Deadly; Inilah 4 Petarung Generasi Keempat Paling Berbahaya

Mendekati lima belas tahun sejak jet tempur generasi kelima pertama, F-22Raptor, mulai beroperasi di Angkatan Udara Amerika  pada Desember 2005, sebagian besar jet tempur modern saat ini masih didominasi pesawat generasi keempat.

Jet tempur kelas ini masih merupakan sebagian besar armada udara hampir setiap negara, dengan pengecualian beberapa negara seperti Brasil dan Iran masih mengandalkan pesawat generasi ketiga atau bahkan kedua.

Dengan hanya tiga jet tempur generasi kelima yang mulai beroperasi – satu di China dan dua di Amerika Serikat, sebagian besar negara tampaknya lebih fokus pada pengembangan apa yang kemudian dikenal sebagai jet tempur generasi 4 + dan 4 ++.

Banyak dari mereka yang mampu menantang jet generasi kelima dengan serius dalam hal serangan dan kemampuan udara ke udara. Jet-jet tempur ini hampir mencapai kelas generasi kelima kecuali dalam hal badan pesawat yang memiliki karakter stealth atau siluman.

Dengan pesawat generasi kelima yang diterbangkan dalam jumlah terbatas oleh sejumlah kecil negara, dan F-35 yang diproduksi paling luas masih sangat jauh dari siap tempur, petarung generasi keempat akan memainkan peran kunci dalam menentukan hasil dari setiap potensi konflik di masa depan.

Berikut empat jet tempur yang tidak memiliki teknologi siluman tetapi akan menjadi petarung berbahaya saat melawan generasi kelima.

Penilaian  tidak termasuk desain generasi keempat yang akan datang atau belum masuk layanan seperti F-15X, F-15QA dan J-11D, jet yang tidak pernah bergerak melampaui tahap prototipe seperti Su-37 dan desain yang sudah pensiun seperti F-14D.

MiG-31BSM

MiG-31BSM mewakili peningkatan ekstensif pencegat kelas berat MiG-31 Foxhound asli, yang dirancang untuk berpatroli di wilayah Soviet dan menyerang pembom dan rudal musuh pada jarak yang ekstrem. Pesawat mengintegrasikan radar yang lebih besar daripada yang digunakan pada kebanyakan jet tempur modern yakni Zaslon-AM passively scanned array radar, yang memberikan kesadaran situasional yang sangat baik dan memungkinkan pesawat untuk berfungsi sebagai platform peringatan udara jika diperlukan.

MiG-31BSM dilengkapi untuk menyerang target pada jarak ekstrem hingga 400 km pada kecepatan hipersonik dengan rudal R-37, dan dapat melacak hingga 24 target secara bersamaan.

Rudal ini membawa hulu ledak 60kg besar atau kira-kira tiga kali ukuran yang dibawa oleh rudal udara ke udara standar seperti AIM-120 dan PL-12, yang membuat mereka sangat sulit untuk dihindari.

Pesawat ini mampu beroperasi di ketinggian ekstrem dan merupakan jet tempur modern tercepat di dunia, yang memungkinkannya untuk memberikan lebih banyak energi kinetik  untuk rudal udara daripada pesawat tempur lain.

Meskipun mahal dan membutuhkan perawatan yang cukup besar untuk beroperasi, kemampuan Foxhound di pertempuran udara luar jangkauan visual  membuatnya menjadi jet tempur yang sangat tangguh. Bahkan sebelum varian BSM yang ditingkatkan dikembangkan, Foxhound disebut oleh penerbang Rusia sebagai analog dengan F-22 Raptor terutama karena kapasitas radar yang jauh lebih besar , muatan senjata yang jauh lebih besar, rudal superior dan kecepatan dan ketinggian lebih tinggi. Tetapi ini klaim dari pihak Rusia.

Su-35

Dikembangkan sebagai turunan yang sangat ditingkatkan dari Su-27 Flanker, Su-35 memasuki layanan pada tahun 2014 adalah platform superioritas udara pertama yang memasuki produksi massal sejak era Soviet.

Pesawat tempur mengintegrasikan berbagai teknologi generasi berikutnya untuk memungkinkannya mampu berhadapan dengan pesawat tempur generasi kelima terbaru.  Teknologi termasuk radar Irbis-E baru – dengan jangkauan deteksi lebih dari 400 km terhadap target ukuran tempur dan lebih dari 80 km melawan target siluman. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem pelacakan infra merah baru, serangkaian amunisi baru.

berbagai amunisi baru termasuk rudal udara-ke-udara R-37M, dan penggunaan material komposit yang tinggi untuk badan pesawat yang lebih ringan dan lebih kuat.

Pesawat ini juga mengintegrasikan mesin AL-41 baru dan lebih kuat dengan kemampuan dorong vektor tiga dimensi untuk supermanoeuvrability, dan mendapat manfaat dari penampang radar yang berkurang di bawah sepertiga dari Flanker asli.

Avionik pesawat tempur, sistem peperangan elektronik, dan sensor semuanya canggih dan sebanding dengan jet tempur generasi kelima, memanfaatkan teknologi yang dikembangkan untuk program tempur generasi MiG 1.44 dan Su-57 Rusia.

 

F-15SA  

Dikirim ke Royal Saudi Air Force dari Desember 2016, F-15SA mewakili turunan paling baik dari pesawat tempur superioritas udara F-15 Eagle, sebuah desain yang pertama kali bergabung dengan Angkatan Udara Amerika pada tahun 1976.

Pesawat tempur ini didasarkan pada F-15E Strike Eagle  dengan lebih canggih dan serbaguna daripada platform asli dalam kemampuan udara ke darat dan daya tahan yang lebih besar.

Pesawat tempur ini memiliki cantelan tambahan yang memungkinkannya membawa setidaknya selusin rudal udara ke udara AIM-120C, dan mesin F110-GE-129 yang baru dan lebih bertenaga.

Pesawat tempur mengintegrasikan radar AESA AN / APG-63 (V) 3 memberikan kesadaran situasional yang lebih besar dan ketahanan terhadap gangguan dan deteksi radar yang lebih rendah.

F-15SA mendapat manfaat dari kinerja penerbangan tinggi yang diwarisi dari desain F-15 asli, termasuk kecepatan maksimum 2,5 Mach, ketinggian operasional yang tinggi, dan kemampuan manuver yang tinggi ketika terbang cepat.

Sistem fly by wire baru dari pesawat ini memungkinkannya untuk membawa muatan yang jauh lebih besar daripada Eagle asli, dan juga dilengkapi sistem pencarian dan pelacakan infra merah yang tidak ditemukan pada varian F-15 yang lebih lama.

Desain ini telah membentuk dasar evolusi lebih lanjut dari F-15  dengan Boeing selanjutnya mengembangkan F-15QA dan F-15EX.  Namun varian baru ini belum masuk layanan.

Eurofighter Typhoon

Jet tempur Eurofighter Typhoon dengan cepat membangun reputasi sebagai salah satu petarung paling tangguh di dunia, dengan kemampuan manuver yang tinggi dan karakteristik pelestarian energi.

Perlengkapan helm dan g-suit canggih memungkinkan pilot Typhoon untuk mengambil keuntungan dari kualitas ini. Typhoon juga memiliki kemampuan tempur Beyond-Visual Range (BVR) yang sangat baik, membawa rudal AIM-120 dan memiliki penampang radar yang lebih rendah daripada pesawat tempur generasi keempat mana pun.

Meskipun bukan jet tempur siluman, desain Typhoon mencakup beberapa kualitas yang rendah diamati, serta kemampuan peperangan elektronik yang signifikan.

BAE Systems mengintegrasikan rudal luar visual Meteor MBDA sementara Alenia Aermacchi menambahkan rudal jelajah Storm Shadow. Selain itu BAE juga akan mengembangkan radar active electronically scanned array untuk Typhoon.

Senjata-senjata presisi dipandu ini, bersama dengan rudal udara ke permukaan Brimstone 2 yang terintegrasi pada Typhoon Inggris, akan secara signifikan meningkatkan kemampuan jet tempur ini.

Rafale

Rafale adalah jet tempur utama angkatan Prancis. Dikembangkan pada akhir 1980-an oleh produsen pesawat tempur Prancis Dassault. Rafale dirancang sebagai pesawat tempur multi-peran bermesin ganda untuk melakukan misi udara ke udara dan udara ke darat, termasuk superioritas udara, pengintaian, serangan darat, anti-kapal dan bahkan misi pengiriman nuklir. Versi angkatan laut, Rafale M, terbang dari kapal induk Angkatan Laut Perancis Charles de Gaulle. Mesir dan India adalah negara yang membeli jet tempur tersebut.

Rafale adalah jet lincah, dengan sayap delta dan canard besar untuk meningkatkan kemampuan manuver.  Rafale didorong oleh dua mesin turbofan afterburning  Snecma M88-2 yang menghasilkan total 33.720 pon daya dorong.

Sebuah radar active electronically scanned array  (AESA) RBE2-AA memberi para petarung Prancis ini kemampuan untuk mendeteksi, melacak, dan melibatkan berbagai target pada jarak dan area luas.

Paket peperangan elektronik Spectra, yang meliputi laser warning receiver, radar warning receiver, missile warning system dan jammers memungkinkan pilot Prancis tahu kapan pesawat mereka menjadi sasaran dan dapat mengerahkan tindakan pencegahan yang tepat.

Rafale adalah salah satu jet tempur paling bersenjata di dunia, dengan 14 titik untuk membawa bom, rudal, roket, tangki bahan bakar eksternal, dan pod peralatan.

Jet tersebut dapat membawa berbagai macam persenjataan Prancis dan Amerika, termasuk Mica, Magic, dan rudal udara Sidewinder, bom dipandu laser Paveway II, rudal jelajah SCALP, dan bahkan rudal nuklir ASMP-A. Secara internal jet dilengkapi dengan meriam 30 milimeter GIAT dengan 125 butir amunisi.