CH-54 Tarhe, Belalang Pekerja Keras Milik US Army

Dari bentuknya CH-54 Tarhe adalah sebuah helikopter abnormal, tetapi di balik ketidakwajaran fisik tersebut, helikopter yang juga disebut Skycrane dan flying insect (serangga terbang) tersebut adalah pekerja keras yang terbukti di berbagai medan perang.

Dijuluki Skycrane karena misi utamanya adalah mengangkat kargo beban berat. Sedangkan julukan serangga diberikan oleh pilot karena bentuknya yang tidak biasa.

Selama Perang Vietnam, helikopter ini harus memenuhi berbagai misi, seperti pemulihan, penyelamatan, transportasi infanteri, suplai medis dan bahkan operasi pengangkut armor.

Helikopter CH-54 dilengkapi dengan derek di tengah badan pesawat yang dioperasikan oleh co-pilot atau teknisi dari bagian belakang kabin pilot.  Jadi operator derek memiliki pandangan penuh tentang apa yang terjadi di bawahnya.

Tarhe telah menunjukkan kemampuan terbaik dalam pertempuran, mendaki dengan kecepatan maksimal 100 km / jam bahkan dengan beban berat.  Helikopter ini disebut sangat serbaguna dan salah satu pesawat teraman dalam rentang waktunya dalam penggunaan Angkatan Darat Amerika.

Dibandingkan dengan AH-1 Cobra dan UH-1 Iroquois, hilangnya CH-54 sangat minimum. Keunikan lain karena helikopter ini memiliki daya angkat yang luar biasa.  Dalam perang Vietnam, Skycrane harus mengatasi beban seperti kendaraan udara dan darat yang rusak.

Helikopter ini juga mengambil peran penting dalam proyek rekayasa militer seperti membangun jembatan dan benteng pertahanan.

CH-54 memiliki kapasitas muatan eksternal maksimum 12 ton. Bentuknya yang unik membuat dia bisa menangani segala macam beban. Mesin kembar berada di atas badan pesawat dan landing gear belakang terletak lebar, yang memungkinkan berbagai jenis kontainer dipasang di bagian belakang serta kompatibel dengan pod kargo militer universal.

Helikopter ini telah dipensiun dari dinas militer Amerika pada tahun 1991. Namun karena fleksibilitasnya yang masih berguna, helikopter sampai saat ini masih beroperasi di beberapa negara oleh pemerintah dan operator sipil.

Helikopter CH-54 digunakan untuk tujuan sipil seperti konstruksi dan pemadaman kebakaran. Salah satu operator kendaraan udara yang paling penting adalah NASA.

Pada tahun 1992 Erickson Air-Crane membeli hak manufaktur untuk Sikorsky S-64, versi sipil dari CH-54. Helikopter ini masih dalam produksi