Sudah Habis Rp14 Triliun, USAF Batalkan Upgrade Bomber B-2

Angkatan Udara Amerika Serikat meninggalkan rencana upgrade menyeluruh pada bomber B-2 meski telah menghabiskan hampir US$ 2 miliar atau sekitar Rp14 triliun yang diberikan kepada Northrop Grumman.

Pembatalan dilakukan karena Northrop tidak dapat menyediakan perangkat lunak yang diperlukan untuk menyelesaikannya tepat waktu dan sesuai anggaran.

Proyek untuk membuat pesawat era 1990-an lebih mampu menghindari peningkatan sistem pertahanan udara China, Rusia dan Iran hampir terlambat tiga tahun, dan biaya yang direncanakan telah meningkat US$285 juta menjadi US$3 miliar tahun lalu.

“Northrop, yang membangun B-2 tidak memiliki bakat yang tepat untuk memberikan kemampuan yang tepat pada waktu yang tepat sehingga Angkatan Udara mengurangi skala program tahun ini,” kata  Ellen Lord, Wakil Menteri Pertahanan Amerika untuk akuisisi dan pelestarian sebagaimana dilaporkan Bloomberg 6 Maret 2020.

Sebelum mengurangi cakupan program, USAF memperkirakan diperlukan setidaknya sampai September 2024 sebelum delapan dari 20 pembom siluman akan memiliki kemampuan tempur awal dengan peningkatan penuh. Itu 33 bulan lebih lambat dari yang direncanakan.

Angkatan Udara Amerika kini mereduksi upaya upgrade bomber. Alih-alih peningkatan komprehensif  untuk meningkatkan kemampuan elektronik pembom untuk mendeteksi dan menghindari radar darat, kewaspadaan pilot, meningkatkan tampilan dan meningkatkan kemampuan pesawat untuk mengubah rute jalur penerbangannya, Angkatan Udara Amerika kini hanya akan meningkatkan tampilan kokpit untuk menggantikan teknologi tabung katoda.

Northrop mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “pada tahun-tahun sejak kami memulai modernisasi B-2, kami telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan kami dalam pengembangan perangkat lunak yang gesit. Hari ini kami memberikan banyak program yang berhasil sebagai hasil dari perbaikan ini. ”

Lord berkata bahwa hampir US$ 2 miliar yang telah dihabiskan bukanlah sia-sia karena “kita masih akan mendapatkan tampilan elektronik yang ditingkatkan.”