Tak Ada Pesawat Semisterius F-117

f117dusk_20070820

Bersamaan dengan program rahasia F-117 di Tonopah, program sangat sensitif yang lain juga tengah berlangsung di pangkalan tersebut di bawah kode Constant Peg.

Program ini bekerja untuk mengeksploitasi perangkat keras militer asing, di mana pilot Amerika akan menerbangkan pesawat tempur buatan Soviet yang diselundupkan ke AS dengan berbagai cara untuk dipelajari kelebihan dan kelemahan mereka. Smith menyebutkan adanya unit terbang aneh di Pangkalan Klandestin, dan bagaimana F-117 menyebut mereka:

“The Red Hats berada di sana ketika saya mulai di TTR (sebenarnya 4477TES ‘Red Eagles’ bukan 6513 Taktis Skuadron Red Hats. Tetapi mereka mengenal sebagai Red Hats dengan Green Hats dari 4450 Taktis Group) , tetapi kemudian hilang dalam waktu 6 bulan. Setelah itu, tidak ada proyek-proyek lain yang terjadi di sana. ”

F-117 adalah mesin yang sangat eksotis. Tetapi sebenarnya pesawat ini dibangun dari komponen internal dan sub-sistem dari pesawat yang ada untuk menghemat waktu desain dan biaya. Namun, bentuk yang unik dan coating membuatnya berbeda dari apapun pada saat itu.

“Saya tidak berpikir semua di jet ini berbeda dengan pesawat pesawat yang sudah produksi,” kata Smith. “Memang ada perbedaan, seperti kanopi yang tidak ada di pesawat latin. Tetaapi aku telah melihat bahwa ada bagian F-16 juga.

Berurusan dengan LO (low observable i.e. stealth) memang aspek-aspek yang berbeda. Antena memiliki sistem retraksi yang sering diperlukan untuk penyesuaian dan RAM (bahan penyerap radar) adalah sesuatu yang beda.

Dari sudut pandang pemeliharaan pesawat itu tidak eksotis. Saya memberitahu orang-orang sekarang bahwa hanya bentuk yang membuat pesawat yang berbeda tetapi semua sistem biasa. ”

f-117

Keluar dari Dunia Gelap

Ketika Perang Dingin berakhir F-117 keluar dari lubang hitam kerahasiaan untuk kemudian tampil ke publik dengan unsur-unsur dari program perlahan-lahan dibuka dan seluruh operasi F-117 akhirnya pindah dari Tonopah Test Range Airport ke Holloman AFB di New Mexico.

“Ketika kami diberitahu tentang program ini, kami dikumpulkan di sebuah ruang di Nellis, menandatangani banyak dokumen dan ditunjukkan film dari pesawat saat terbang dan di darat.”

“Setelah briefing selesai kami mengulang kata ‘STEALTH’ tiga kali dan kemudian dikatakan kepada kita untuk tidak pernah mengatakannya lagi [kata stealth]. Bila Anda menandatangani kertas yang menyatakan bahwa Anda bisa dihukum mati karena mengungkapkan rahasia pemerintah, Anda akan cenderung mentaatinya.”

f-117

“Pada bulan November 1988, ketika aset ini dirilis ke publik, kami diberi siaran pers untuk dibaca kepada siapapun yang bertanya, saya menelepon ayah saya dan membacakan rilis itu kepadanya, dan benar-benar tidak dapat mengucapkan kata siluman.”

“Suaraku gemetar dan aku harus membacanya dua kali sehingga ia bisa memahami maksud saya. Setelah itu saya bisa merasakan dia berseri-seri dengan bangga, mengetahui anaknya yang dibesarkan di sebuah peternakan di Illinois, bisa menjadi bagian dari program yang menakjubkan tersebut.”