Tak Ada Pesawat Semisterius F-117

Pesawat F-117 milik Angkatan Udara Amerika seperti ditakdirkan menjadi pesawat yang penuh dengan misteri sejak dilahirkan hingga sudah pensiun. Pesawat ini terlihat masih terus terbang entah untuk misi apa.

F-117, pesawat siluman pertama milik Amerika Serikat tetap menjadi salah satu pesawat yang paling karismatik dan misterius. Bahkan sekarang pesawat ini tetap terlihat seperti sesuatu yang datang dari masa depan.

Pesawat pensiun dengan aneh dan diikuti fakta beberapa dari mereka masih tetap terbang di gurun terpencil di Nevada, di dekat tempat di mana dia beroperasi selama hampir satu dekade di bawah kerahasiaan total: Tonopah Test Range Airport. Foto di bawah adalah satu dari sedikit foto yang sangat langka yang diambil dai hangar Tonopah.

Tonopah Test Range Airport, atau TTR, terletak sekitar 150 mil laut dari Las Vegas. Di tempat ini F-117 Nighthawk tinggal dan bekerja sebelum diungkapkan ke publik pada bulan November 1988, dan akhirnya diboyong ke “dunia terang” alias unclassified dengan berbasis di Holloman AFB pada tahun 1992.

Tonopah yang menjadi tempat awal dia hidup dan juga menjadi titik akhir pesawat hitam ini mati, atau setidaknya dijadikan mumi setelah pensiun. Dan pesawat itu terus melakukan penampakan-penampakan misterius.

Yang lebih menakjubkan dari F-117 Nighthawk bukan hanya pada pesawatnya. Tetapi juga pada tim pemeliharaan yang sangat berdedikasi, personil operasi dan pilot yang hidup seperti vampir selama lebih dari satu dekade ketika program berjalan di bawah dunia rahasia yang sangat dalam.

A-7 Corsair
A-7 Corsair

Bahkan pilot F-117 harus memiliki kamuflase, begitu pula pangkalan untuk melindungi dii dari satelit Rusia. Armada A-7 Corsair yang dicat abu-abu dan hijau ditugaskan untuk menipu dengan bergerak sepanjang waktu dari dan ke tempat itu.

Chris Webb, kontraktor pertahanan yang akrab dengan pangkalan menggambarkan foto di sangat langka atas sebagai berikut: “Ini sebuah foto  yang langka [mengingat bahwa operasi dilakukan ‘Lights Out’] dalam salah satu hangar di gurun TTR,” katanya kepada Foxtrot Alpha.

“Hangar yang relatif besar namun lensa kamera mengambil seperti seolah mereka dalam gua. Tempat penampungan paralel dibangun 3 batch & akhirnya disusun dalam 3 warna sebagai bagian dari kode – putih (kelompok Utara), biru (kelompok menengah) & merah (Southern, dan merupakan kelompok tertua). Foto ini diyakini dari  bagian ‘Red’-. Skuadron Taktis 4450 kemudian Fighter Squadron  415 ”

Next: Laksana Vampire