F-14 Tomcat Vs F-4 Phantom; Yang Satu Lebih Baik, Satu Lagi Jadi Favorit

Menanggapi permintaan Angkatan Laut Amerika untuk pencegat ketinggian tinggi guna melindungi kapal induk dengan rudal udara ke udara jarak jauh, McDonnell Aircraft Company mengirim F4H Phantom II. Sebuah pesawat yang didasarkan pada F-4.

Unik karena tidak membawa meriam internal, F-4 mengandalkan rudal  dipandu radar untuk menyerang dan mengharuskan Radar Intercept Officer (RIO)  mengoperasikan sensor canggih dan sistem senjata.

Meski F-4 menjadi sebuah kemajuan pesawat superioritas udara utama Angkatan Laut di patroli jarak jauh, Soviet dan pesawat pembom mendikte persyaratan untuk jet tempur pertahanan yang dapat menyerang pembom ketinggian tinggi dari luar jangkauan visual. F-14 Tomcat yang ikonik adalah jawaban Grumman.

F-4H

Dilengkapi dengan rudal udara ke udara jarak jauh AIM-54 Phoenix menjadikan F-14 dapat melibatkan banyak musuh dari jarak lebih dari 90 mil. Membutuhkan kecepatan tinggi pencegat saat membawa persenjataan berat ini, Grumman menghasilkan sayap sapuan variabel F-14 yang sangat efektif, memungkinkannya beroperasi pada berbagai kecepatan udara.

F-14 memasuki layanan aktif pada tahun 1974 dan mulai menggantikan F-4 pada tahun yang sama. Tapi mana petarung yang benar-benar lebih baik? Phantom atau Tomcat?

“Saya mendapat hak istimewa untuk memiliki lebih dari 1.000 jam penerbangan dalam dua petarung yang baik,” kata mantan Penerbang Angkatan Laut Amerika John Chesire di Quora.

‘Saya benar-benar menikmati keduanya. Juga, saya jelas punya pendapat tentang ini. Namun, saya dilematis. Salah satu dari keduanya adalah “petarung yang lebih baik,” tetapi saya lebih suka menerbangkan satunya.”

“Tentu saja, perbandingan kedua jet tempur ini sedikit mengganggu karena mereka dari generasi yang berbeda dengan F-14 yang jauh lebih maju, secara teknis.”

“Saya baru saja menyelesaikan dua perjalanan tempur ke Asia Tenggara dengan menerbangkan F-4 dan kemudian bertugas di darat, jauh dari komunitas jet tempur. Saya sangat ingin kembali dan ingin menerbangkan F-14  daripada kembali ke F-4. Dan yang sangat menggembirakan, saya menerima perintah kembali ke pantai barat dan San Diego ke VF-1, yang merupakan unit operasional pertama dengan pesawat F-14 baru. ”

F-14

Chesire melanjutkan meski F-14 adalah pesawat tempur pertahanan udara  yang dirancang untuk mencegat pembom musuh jarak jauh, Tomcat juga dipromosikan oleh Grumman Aircraft sebagai petarung superioritas udara. Namun, sebagai jet tempur superioritas udara, ia juga membawa banyak muatan.

“Pertama itu terlalu besar untuk menjadi seorang petarung. Salah satu orang dalam pelatihan mengatakan itu penampang radar yang sama dengan lapangan tenis. Jadi, kadang-kadang kita menyebutnya sebagai lapangan tenis terbang ketika penerbangan manuver udara tidak berjalan dengan baik melawan musuh yang lebih kecil seperti A-4, F-5, atau F-16.”

‘Kami juga segera mempelajari F-14 seperti halnya banyak pesawat militer, mengalami rasa sakit yang tumbuh yang serius sejak dini. Pada penerbangan pertamanya, satu pesawat hilang di laut karena desain saluran bahan bakar yang buruk dan kurangnya daya tahan mesin. Tentu saja, masalah utama dengan model “A” awal adalah dengan mesin fan TF-30 yang terkenal yang memiliki kebiasaan buruk untuk gagal saat sangat dibutuhkan.

Namun menurutnya,  F-14 adalah lompatan besar di atas F-4B yang  terbang dengan radar dan sistem misilnya yang sangat canggih, senjata internal, dan radius belok yang lebih ketat dan laju belokan yang lebih cepat.

‘Meskipun keduanya awalnya dirancang untuk pertahanan udara armada, keduanya ternyata juga merupakan pesawat tempur yang sangat baik. Namun, keduanya awalnya sulit untuk belajar terbang dalam skenario pertempuran udara dan masing-masing membutuhkan pelatihan yang sangat khusus dan berbeda untuk menonjolkan kekuatan mereka dan menghindari kesalahan mereka di arena pertempuran udara.”

Jadi kembali ke pertanyaan: jet tempur mana yang lebih baik? ”  Secara teknis F-14 jelas lebih baik karena datang belakangan hingga memiliki teknologi lebih maju terlebih F-14D yang menggunakna mesin yang lebih baru, dan tentu sajaditerbangkan dengan benar.

“Jika kedua pesawat itu duduk di jalur penerbangan dan saya bisa terbang melawan alter ego saya di yang lain, saya akan memilih F-14  model D dalam pertempuran udara dibanding F-4. Tetapi jika saya ingin bersenang-senang lagi, saya akan memilih jet tempur favorit saya sepanjang masa yang akan saya sukai selamanya. Saya akan memilih Fox-Four Phantom setiap saat  dan saya bahkan mungkin memenangkan beberapa hal dengannya melawan F-14. “