Amazing! Crab Landing Pesawat Terbesar di Dunia

Badai Dennis yang melanda Inggris pada akhir pekan lalu dan membuat pihak berwenang mengeluarkan peringatan “danger to life”  yang langka. Badai telah menyebabkan kematian satu orang dan mengganggu penerbangan dan kereta api.

Sebuah video yang diambil di Bandara Heathrow di London telah mengabadikan momen ketika dua pilot yang sangat terampil mendaratkan pesawat terbesar di dunia, Airbus A380 milik Etihad secara menyamping saat bertempur melawan angin kencang. Sebuah pendaratan yang dikenal sebagai ‘crab landing.’

Meski lusinan penerbangan telah dibatalkan di tengah-tengah Badai Dennis yang mengamuk, pilot Etihad berhasil mendarat pada upaya pertama mereka, melakukan manuver “kepiting”  sebuah pendaratan yang dilakukan tegak lurus dengan landasan pacu.

Etihad Airways kemudian mengkonfirmasi bahwa pesawat itu sedang melakukan perjalanan dari Abu Dhabi ke London.

Eropa Utara dan Inggris sedang dilanda cuaca badai selama dua minggu berturut-turut. Badai Ciara yang mengakibatkan sedikitnya tujuh orang terbunuh digantikan oleh Badai Dennis akhir pekan lalu, yang membawa hujan lebat, banjir, dan angin kencang, membuat pihak berwenang mengeluarkan peringatan ‘danger to life’ atau ‘bahaya bagi kehidupan’.