Setelah 30 Tahun, India Ucapkan Selamat Tinggal Pada Sang Legendaris Tu-142M

Pesawat anti kapal selam ikonik Tupolev-142M milik Angkatan Laut India akan dinonaktifkan setelah selama hampir tiga dekade menjadi andalan menjaga kawasan Samudera Hindia.

Pesawat era Soviet yang dikenal sebagai salah satu platform pengintaian udara  paling tangguh di  dunia ini  telah menjadi bagian  Angkatan Laut India sejak induksi pada tahun 1988.

Armada Tupolev-142M akan digantikan  oleh 12 pesawat pengintai maritim P-8I yang dibangun  Boeing yang dilengkapi dengan rudal anti-kapal, torpedo ringan, roket serta sensor dan radar generasi baru.

Seorang pejabat Angkatan Laut mengatakan pesawat Tupolev-142m akan dinonaktifkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Sunil Lanba pada 29 Maret dalam sebuah upacara di INS Rajali, stasiun udara utama angkatan laut India di Arakkonam Tamil Nadu.

Sebanyak delapan Tupolev-142M dilantik ke Angkatan Laut tetapi saat ini tinggal tiga pesawat yang beroperasi.

“Pesawat ini telah melakukan banyak hal bersama Angkatan Laut India  dengan berpartisipasi dalam semua latihan  dan operasi dengan perbedaan. Pesawat melihat aksi selama Operasi Cactus di Maladewa dan berpartisipasi dalam misi operasional di luar Sri Lanka untuk memberikan pengawasan udara,” kata pejabat itu.

Dengan empat mesin yang kuat, badan pesawat ramping dan sayap menyapu, Tupolev adalah pesawat turboprop tercepat di dunia.

Dekomisioning dari pesawat pengintai ini dilakukan seminggu  setelah Angkatan Laut juga mengucapkan selamat tinggal kepada kapal induk INS Viraat.

“Pesawat TU-142m memiliki layanan lebih dari 30.000 jam terbang bebas kecelakaan. Selama tguasnya  pesawat telah mengalami beberapa modifikasi dan retro perlengkapan untuk bersaing dengan teknologi yang berkembang dan kebutuhan Angkatan Laut India yang berubah.

Peran TU-142m sekarang akan diambil oleh yang baru saja dilantik dilantik pesawat P-8L. “Pesawat P-8I telah membuktikan semua sistem dan telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam jaringan operasional Angkatan Laut India.”

Yogender Mair, Komandan  terakhir dari skuadron dengan pesawat TU142M akan menyerahkan kendali kepada komandan Ranganathan, yang akan menjadi yang Komandan Skuadron pertama dengan P-8L.