Indonesia–Rusia Baru akan Jajaki Pembelian Be-200

Sudah cukup lama muncul kabar Indonesia akan membeli pesawat amfibi Be-200 dari Rusia. Tetapi kabar terakhir menunjukkan rencana ini bahkan baru akan masuk pada fase pembahasan tentang kemungkinan pembelian.

Wakil direktur Layanan Federal Rusia untuk Kerjasama Teknik-Militer (FSMTC) Mikhail Petukhov di acara LIMA 2017  Rabu 22 Maret 2017 mengatakan  saat ini  Jakarta dan Moskow melakukan pembicaraan  kemungkinan akuisi pesawat Be-200 ke  Indonesia.

Tetapi belum jelas berapa pesawat yang akan dibeli Indonesia. “Kami hanya akan dapat berbicara tentang kuantitas pesawat yang diperlukan Indonesia ketika kita telah menerima permintaan penawaran resmi  dari pihak Indonesia, “kata Mikhail Petukhov.

Kabar Indonesia ingin membeli pesawat amfibi ini sudah bersliweran lama. Pada bulan September 2016, Sergey Goreslavsky, wakil kepala Rosobonexport, mengatakan bahwa Jakarta tertarik Be-200.

Bahkan pada 2015, Kepala Staf TNI AU kala itu Agus Supriatna mengatakan bahwa Indonesia berharap untuk membeli empat  pesawat. Tetapi ternyata sampai saat ini baru akan dilakukan penjajakan..

Indonesia membutuhkan Be-200 , karena pesawat amfibi ini dinilai sangat penting untuk upaya pemadaman kebakaran hutan dan juga upaya pencarian laut.