Menunggu Nasib MiG-35 di Pasar Jet Tempur

Sputnik

Perusahaan United Aircraft-Building Rusia secara resmi melakukan  presentasi ke dunia internasional jet tempur terbaru mereka yang dikenal sebagai MiG-35 (Penyebutan NATO Fulcrum-E). Pesawat yang diklaim paling canggih di kelasnya.

Tes penerbangan pesawat dimulai pada bulan Januari ini. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pesawat akan menjalani tes produsen di Wilayah Moskow selama 2017.

Berikut adalah gambar dari demonstrasi penerbangan publik pertama jet tempur MiG.

TASS

Pesawat ini dilengkapi dengan avionik terbaru serta berbagai rudal dipandu baik udara ke udara ataupun udara ke darat.

TASS

Pesawat bisa terbang pada kecepatan maksimum 2,23 Mach sementara rentang operasinya 50% lebih jauh dibandingkan pendahulunya MiG-29.

TASS

Presiden Rusia Vladimir Putin meyakini pesawat ini akan mendapat minat tinggi di pasar global. Bukan saja karena kemampuannya tetapi juga karena banyak negara yang sebelumnya telah menggunakan MiG-29.

TASS

MiG-35 adalah pengembangan dari MiG-29 dengan badan pesawat sangat mirip, tetapi mendapatkan sejumlah upgrade.

TASS

Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan siap menawarkan jet tempur ini ke India. MiG-35 sudah ikut kompetisi pengadaan 126 jet tempur India yang akhirnya dimenangkan Rafale. Tetapi sampai saat ini India hanya memutuskan membeli 36 Rafale hingga masih ada peluang untuk merebut pasar.

TASS

India juga sedang mencari pesawat untuk kapal induknya hingga MiG-35 bisa ikut bersaing dengan syarat membangun varian kapal induk. Bukan hal yang sulit karena MiG-29 juga memiliki varian ini.

TASS