Pilot Ungkap Pengalaman Mengerikan dan Aneh Selama Penerbangan

Pilot Ungkap Pengalaman Mengerikan

Sejumlah pengakuan anonim dari sejumlah pilot mengungkap bagaimana pernah terjadi sebuah insiden di mana tidak ada satu awak pun menerbangkan pesawat di kokpit.

Pilot sebuah maskapai telah mengungkapkan pengalaman terbang paling menakutkan dan paling tidak biasa bagi mereka dalam sebuah buletin keselamatan penerbangan.

Pengakuan yang dilakukan secara anonim itu, antara lain pengakuan seorang pilot pada satu penerbangan pesawat berpenumpang tidak ada seorang pun menerbangkan pesawat, hingga ditemukannya penumpang yang sembunyi di toilet pesawat. Semua pengakuan pilot tentang insiden aneh, mengerikan dan sebagian konyol ini disampaikan kepada Callback, sebuah surat kabar resmi milik Sistem Pelaporan Keselamatan Penerbangan (Aviation Safety Reporting System).

Dalam laporan itu seorang pilot menceritakan, pernah suatu kali saat menerbangkan Boeing 757, ia meninggalkan tempat duduknya untuk menggunakan toilet. Saat ia keluar dari toilet, ia berpapasan dengan perwira pertama di lorong pesawat.

“Kami melewati satu sama lain. Saat itu saya langsung ter sadar bahwa tidak ada yang menerbangkan pesawat, tentu saja autopilot telah diaktifkan, dan kami berada di level penerbangan. Saya pun dengan cepat melompat ke kursi saya,” kata pilot itu kepada Callback, seperti dilansir AOL.co.uk, Selasa (19/1/2016).

Dalam sebuah cerita lainnya, ditemukan penumpang gelap dalam toilet. Ceritanya, seorang kru darat tiba-tiba bergegas ke pesawat mencari seorang penumpang yang masuk pesawat itu tanpa melakukan boarding pass.

Penumpang pria itu tak ditemukan. Saat pesawat mulai tinggal landas, ternyata didapai pria itu bersembunyi di toilet pesawat. Pria tersebut tenyata baru saja dibebaskan dari pusat rehabilitasi narkoba. Pria itu pun didudukkan di bangku bagian belakang pesawat dan pesawat tetap lanjut terbang hingga tujuan.

Dalam insiden lain saat proses mendarat, seorang pilot mengungkapkan, “Sepatu kiriku jatuh saat mendaratkan kaki di pedal kemudi kiri. Sepatu itu jatuh tepat di pedal kemudi kiri dan rem tumit. Crosswind mulai mengarahkan pesawat ke arah kanan. Sepatu tersebut ternyata telah menghalangi akses ke pedal kemudi kiri dan juga rem.”

Akibatnya, pilot itu tak bisa mencegah pesawat mengarah ke kanan ke arah arah dan akhirnya pesawat mendarat di bagian kanan runway hingga area rumput. “Saya akhirnya menendang sepatu hingga terbebas dari pedal rem dan menghentikan pesawat dengan satu sepatu dan lainnya dengan kaki telanjang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.