Sudah Sangat Tua, Vietnam Ingin Modernisasi An-2

Vietnam sedang melakukan pembicaraan dengan Siberia Aeronautical Research Institute Rusia untuk memodernisasi puluhan pesawat kargo An-2 (pelaporan NATO Colt) yang dipasok oleh Uni Soviet.

Direktur Keuangan Siberia Aeronautical Research Institute Igor Shubin mengatakan lambung dan mesin pesawat ‘akan dimodernisasi.

“Perwakilan dari Vietnam datang pada ulang tahun ke-75 lembaga itu menyatakan minat mereka dalam kerja sama modernisasi pesawat An-2 milik angkatan udara nasional mereka,” katanya sebagaimana dikutip Sputnik dari sura kabar Izvestiya Jumat 28 Oktober 2016.

Saat ini Vietnam memiliki 40 pesawat tua tetapi sangat efektif ini. Shubin menambahkan bahwa sejumlah negara Asia dalam beberapa tahun terakhir menyatakan minat dalam modernisasi pesawat An-2 mereka.

Pesawat ini jauh dari kesan moder. An-2 merupakan  biplan era 1940 yang terlihat seperti traktor dengan sayap. Tetapi pesaat ini dapat digunakan untuk terbang rendah dan lambat melintasi perbatasan untuk menjatuhkan tim komando di belakang garis tempur. Begitu rendah sehingga mereka akan sulit untuk dideteksi radar.

Antonov An-2 pertama kali terbang pada tahun 1947, ketika Uni Soviet membangun kembali setelah kekacauan Perang Dunia II. Bahkan pada penerbangan perdananya pesawat ini langsung tampak kuno karena teknologi penerbangan sudah masukke era jet.

Tapi An-2 adalah desain yang sangat luar biasa. Dibangun ribuan unit, diekspor di seluruh dunia, dan masih melayani hampir 70 tahun setelah puluhan tahun produksi. Dan pesawat memiliki satu atribut yang sangat khusus, selain  take-off dan landing  sangat pendek yang seharusnya secara fisik tidak mungkin. Atribut khusus itu adalah bahwa pesawat ini pada dasarnya, terbang mundur.

An-2 ini dirancang untuk memenuhi peran yang dibutuhkan oleh Departemen Kehutanan Soviet, baik sebagai pembawa tanaman dan untuk transportasi utilitas. Perancangnya, Oleg Antonov, menciptakan, biplan bermesin tunggal yang besar, dengan kokpit tertutup dan ruang untuk 12 penumpang atau lebih dari satu ton kargo.

An-2 harus bisa beroperasi dari lapangan udara kasar – bukan hanya tak beraspal tetapi juga  lapangan terbang rumput, jalan-jalan tanah, hutan yang baru terbuka hingga di tengah-tengah padang gurun.

Hal ini membuktikan pesawat ini meski sederhana tetapi tangguh dan akan mampu lepas landas dan mendarat di ruang yang sangat pendek. Bahkan jika angin cukup kuat, pesawat ini bisa melayang tanpa menggunakan mesin.

Hebatnya lebih dari 19.000 pesawat dibuat di Uni Soviet dan kemudian Polandia sampai tahun 1991, dan ribuan lainnya di bawah lisensi di China.

“Alasan An-2 masih terbang hingga sekarang karena benar-benar tidak ada pesawat lain yang seperti itu,” kata penulis penerbangan Bernie Leighton, yang telah terbang dengan An-2 di Belarus.

“Jika Anda membutuhkan sebuah pesawat yang dapat membawa 10 tentara, orang atau kambing, yang dapat lepas landas dari mana saja dan di mana saja tanah – pesawat ini adalah pilihan selain helikopter,” katanya sebagaimana dikutip BBC.

Desain kuno An-2 adalah alat untuk mencapai tujuan; dua set sayap dalam desain biplan yang menghasilkan banyak tenaga angkat – yang berarti dapat lepas landas dalam jarak yang sangat pendek.

Sayap ini menyediakan kecepatan minimum An-2 adalah sangat lambat. Seorang pilot masih bisa menerbangkan pesawat di bawah kontrol penuh sekitar 25 mph (40 km / jam).

Sebuah Cessna sebagai perbandingan, akan chaos jika kecepatan udara turun di bawah 50 mph (80 km / jam). Hal ini membuat An-2 yang sangat populer dengan sekolah terjun payung,

Kedengarannya tidak mungkin mungkin. Tetapi Bill Leary, manajer penerbangan dari klub An-2 Inggris yang telah terbang dengan  An-2 Hungaria selama 14 tahun terakhir mengatakan pesawat ini bisa terbang mundur. Kunci untuk kemampuan pesawat terbang mundur dalam kondisi yang tepat – terletak pada ‘kontrol permukaan’ pada sayap.

Di bagian depan adalah panel fleksibel disebut bilah terdepan. Ini sering digunakan saat mendarat, karena mereka meningkatkan daya tahan angin dan menurunkan kecepatan pesawat. Panel yang sama di bagian belakang sayap disebut flaps dapat digunakan untuk menurunkan kecepatan pesawat juga tapi meningkatkan angkat dengan mengubah bentuk sayap.

Pada An-2, tutup menjalankan seluruh panjang bagian belakang sayap yang lebih rendah, dan lebih pada sayap atas, yang sama dengan banyak angkat, dan kecepatan minimum ridiculously lambat.

“Jika Anda punya angin cukup kuat, katakanlah 15 sampai 20 knot, Anda dapat ‘melayang-layang’ pesawat,” kata Leary. “Anda menempatkan semua tutup bawah dan bilah terdepan di bagian depan sayap, Anda menghidupkan pesawat 40 derajat ke angin dan memberikan mesin banyak sekali tenaga dan Anda dapat tahan di sana.”