Raksasa Ini Mampu Terbang Tipis di Atas Tanah dalam Situasi Gelap

Sputnik

Pesawat angkut militer baru Rusia Ilyushin Il-76MD-90A akan dapat mengangkut pasukan payung dan pasukan khusus jauh ke belakang musuh tanpa terdeteksi radar lawan.

Bukan karena pesawat ini memiliki kemampuan siluman, tetapi karena raksasa udara ini memiliki kemampuan unik untuk terbang hanya beberapa meter di atas tanah dalam kondisi gelap dan kabut tebal.

“Il-76MD-90A, yang merupakan versi modern dari Il-76MD, telah disetujui oleh komisi khusus di Ulyanovsk,” kata seorang perwakilan Kementerian Pertahanan sebagaimana dikutip koran Rusia Izvestia Kamis 13 Oktober 2016.

“Semua sistem onboard sudah dipasang dan sekarang sedang dalam penerbangan uji. Jika semuanya berjalan dengan baik, elektronik baru akan dipasang pada semua Il-76MD-90A di masa depan,” tambahnya.

Pejabat itu mengatakan bahwa Il-76MD-90A, dilengkapi dengan stasiun optik dan elektronik yang canggih, peralatan peringatan tabrakan dan sistem pertahanan. Pesawat dirancang untuk mengangkut berbagai peralatan militer, personel bersenjata, kendaraan berat dan panjang dan kargo.

Pesawat ini juga akan digunakan untuk menerjunkan pasukan payung dan misi kargo udara lainnya.  Peralatan yang ada  memungkinkan Il-76MD-90A untuk mendarat di permukaan tanah dengan mematikan lampu pendaratan dan lampu navigasi.

Il-76MD-90A memiliki berat maksimum take-off 210 ton dan dapat membawa muatan maksimum 52 ton.

Pesawat ini didasarkan pada Il-76 yang diperkenalkan pada 1970-an, dan telah digunakan secara luas di Eropa, Asia dan Afrika dalam peran pesawat angkut, tanker pengisian bahan bakar udara, kapal tanker pemadam kebakaran dan pusat komando militer.

Sekitar 1.000 pesawat telah dibangun sejak pesawat diperkenalkan dan  lebih dari 100 di antaranya diekspor ke luar negeri. Modernisasi mendalam dari Il-76 butuh waktu sekitar lima tahun, dengan penerbangan uji coba pertama dilakukan dimulai pada bulan September 2012.

Pesawat baru memiliki panjang 46,6 meter dan lebar sayap 50,5 meter. Pesawat ini memiliki jangkauan 5000 km dan kecepatan jelajah 780-850 km / jam pada ketinggian 9,1-12,1 kilometer. Pesawat memiliki awak enam, dan dapat membawa 225 penumpang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.