Garuda Kesulitan Peroleh Slot Time di Sentani

    Manajemen PT Garuda Indonesia mengaku kesulitan memperoleh slot time atau jadwal waktu kedatangan (arrival) di Bandara Sentani untuk penerbangan perintis dalam wilayah Papua.

    “Sebetulnya bukan kami tidak mau masuk. Tapi ada kendala sedikit, di sisi slot time jadwal di Bandara Sentani sudah padat, jadi untuk memperoleh ‘slot time’ tidak gampang, apalagi untuk penerbangan pagi,” ujar General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Jayapura Wahyudi Kresna, di Jayapura, Minggu (5/6/2016).

    Ia memandang kondisi penerbangan di Bandara Sentani sudah sangat padat, dan masih banyak maskapai yang tidak memiliki jadwal tetap karena rute yang mereka lalui sangat tergantung pada cuaca.

    “Kami paham Bandara Sentani masuk kategori padat, jadi untuk menambah penerbangan tidak gampang, kita harus mendapat ‘slot time’ dulu,” katanya seperti dikutip Antara.

    “Di sini banyak penerbangan yang tidak terjadwal, tergantung pada cuaca. Ke depan ini harus menjadi konsern kami untuk mengatur penerbangan tidak berjadwal agar kita sama-sama saling mengisi,” kata Wahyudi.

    Namun ia pun mengakui kini sudah ada perbaikan sistem yang dilakukan pihak pengelola bandara sehingga jadwal penerbangan dapat lebih disusun dengan baik. “Sekarang ini sudah cukup baik, terutama aturan dari perhubungan sudah ketat. Penerbangan yang tidak menerbangkan tujuh kali ‘slot time’nya berturut-turut dapat langsung dicabut, itu bagus sekali supaya kita mainnya fair,” ujarnya lagi.

    Disebutkannya, kini ada tujuh armada Garuda yang melayani penerbangan dari Jayapura, yaitu GA 651 Jakarta-Biak-Makasar, GA 653 Jayapura-Timika-Denpasar-Jakarta. Kemudian GA 655 Jayapura-Timika-Makassar-Jakarta, GA 699 Jayapura-Manokwari-Sorong-Jakarta, dan GA 470 – 471 Jayapura-Sorong-Manado, GA 656 – 657 Jayapura-Jakarta-Merauke, GA 630 – 631 Jayapura- Makasar-Surabaya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.