Tarik Wisatawan, Turki Tenggelamkan Aibus A300 ke Laut

Kota Kusadasi, salah satu resor di Laut Aegea Turki membuat langkah menarik dengan menenggelamkan sebuah jet Airbus A300 di lepas pantai. Cara ini digunakan utnuk untuk meningkatkan pariwisata diving di wilayah ini.

Pesawat sepanjang 54 meter dengan lebar sayap 44 meter yang sudah pensiun itu dikirim ke dasar laut lepas resort Kusadasi di provinsi Aydin dan akan menjadi karang buatan terbesar yang pernah dibuat manusia.

Pesawat berusia 36 tahun, dibeli dari sebuah perusahaan maskapai swasta dengan harga sekitar US$93.000 atau sekitar Rp1,3 miliar.

Sebuah tim penyelam profesional menggunakan peralatan canggih membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk menenggelamkan pesawat dengan ratusan orang berkumpul di pantai untuk menonton pesawat turun ke dalam air.

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan keanekaragaman kehidupan bawah laut di sekitar Kusadasi dan membuat kota ini sebagai pusat pariwisata diving,” kata Walikota Aydin ini Ozlem Cercioglu sebagaimana dikutip Daily Sabah Minggu (05/06/2016).

Pihak berwenang berharap karang buatan manusia akan membawa tambahan 250.000 wisatawan domestik dan asing tahun ini.  Sebelumnya tiga pesawat kecil telah ditenggelamkan di luar resor Turki dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di lepas pantai Antalya, untuk membuat terumbu buatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.