Penyebab Delay Bikin Ngakak, dari Bill Clinton Potong Rambut hingga Kura-kura Baris

Ratusan Pilot Lion Mogok Kerja, Sejumlah Jadwal Terbang Kacau
Penumpukan penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya karena aksi pilot Lion Air yang mogok, Selasa (10/5/2016). (Foto:jppn.com)

Pesawat delay adalah hal menjengkelkan bagi penumpang. Banyak faktor yang menyebabkan pesawat terpaksa delay. Nah berikut ini beberapa alasan yang sangat aneh dan sangat tak terduga yang mengakibatkan pesawat delay.

1. Menunggu Presiden AS Potong rambut di Air Force One
Saat masih menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Bill Clinton diduga menjadi penyebab keterlambatan penerbangan sejumlah pesawat di Bandara Internasional Los Angeles. Bukan karena sang presiden menggelar acara resmi di bandara tersebut, namun karena sang penata rias masih memotong rambut Bill Clinton di dalam pesawat Air Force One yang akan mendarat di bandara internasional tersebut.

Saat itu atau tepatnya pada 1993, pesawat Air Force One berputar-putar di sekitar Bandara Internasional Los Angeles. Pesawat tidak langsung mendarat dan seperti mencari atau menunggu waktu yang tepat untuk masuk ke bandara tersebut. Setelah ditelusuri, Bill Clinton yang akan menghadiri acara di Los Angeles sedang dipotong rambutnya di atas pesawat.

2. Petugas Dikejar Anjing
Pada April 2011, anjing jenis Rhodesian Ridgeback menyebabkan penundaan jadwal terbang pesawat di Bandara La Guardia, New York, setelah berhasil kabur saat dimasukan ke dalam pesawat. Petugas pun panik karena anjing tersebut mengejarnya selama 20 menit. Kejadian serupa juga terjadi di Bandara Manchester. Saat itu, anjing jenis Whippet berhasil membuat belasan pesawat menunda penerbangannya.

3. Aktor Pipis di Karpet Pesawat
Sebuah penerbangan dari Paris menuju Dublin, Irlandia, terpaksa ditunda selama dua jam. Penundaan terjadi setelah seorang aktor asal Prancis, Gerard Depardieu, pipis di karpet kabin. Aktor gemuk itu melakukan aksinya karena pramugari melarang Depardieu menggunakan toilet saat pesawat akan lepas landas. Akibat ulah jorok si Gerard itu, pesawat tersebut harus kembali ke bandara keberangkatan.

4.Sepasang Berang-Berang Kabur secara Misterius
Pada 2009 lalu, penumpang menyangka jika pengumuman awak pesawat yang menyatakan penerbangan continnental ditunda karena sepasang berang-berang kabur dari kargo adalah sebuah candaan. Para penumpang akhirnya percaya setelah melihat binatang tersebut berlari di landasan pacu. Akibatnya, penerbangan houston ke colombus, ohio, ditunda selama lebih dari satu jam. Pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul tujuh pagi akhirnya terjebak di tengah kekacauan.

Entah bagaimana caranya sepasang berang-berang itu melarikan diri dari perut pesawat yang bersiap untuk lepas landas. Namun demikian sebagian orang beranggapan jika kunci kandang untuk membawa berang-berang tersebut dalam kondisi longgar. Kondisi tersebut membuat sepasang berang-berang dapat dengan mudah ke luar kandang. Kedua binatang yang banyak dipelihara karena eksotis kemudian ke luar dari badan pesawat melalui lubang-lubang ventilasi. Beruntung berang-berang tersebut dapat ditangkap dan dimasukan ke dalam kandang.

Alasan penundan jadwal yang dialami penerbangan continnental memang sangat unik. Bukan karena masalah teknis atau cuaca, melainkan oleh sepasang berang-berang yang membuat kekacauan. Setelah situasi berhasil dikendalikan, pesawat continnental akhirnya lepas landas pada pukum sembilan pagi.

5. Pilot Marah Karena Tak Dapat Makanan Favorit
Sebuah sikap tak profesional ditunjukkan seorang pilot Air India pada awal tahun ini. Akibat sang pilot yang bernama Kapten Smiriti Trehan menolak terbang, maka pesawat tersebut harus mengalami delay. Sang pilot beralasan jika penolakkannya itu karena ada perubahan rute penerbangan Mumbai-Jodhpur-New Delhi.

Saat itu pesawat tidak transit di Jodhpur. Sebagai seorang pilot profesional, perubahan jadwal tersebut seharusnya tak langsung mengakibatkan penerbangan tertunda. Namun karena Smiriti sudah merencanakan sesuatu di Jodhpur yaitu menunggu kiriman Kachori, makanan khas india, maka ia marah dengan perubahan rute tersebut hingga kemudian menolak terbang.

Menurut Times India, Smiriti Trehan menginap di sebuah hotel di mumbai ketika diperintahkan untuk mengubah rute penerbangan. pada awalnya, penerbangan dijadwalkan pada jam 12 malam, namun ia diperintahkan untuk terbang menjadi jam dua dinihari. Smiriti Trehan kemudian mengabaikan perintah tersebut dan tetap datang ke bandara sesuai jadwal semula.

6. Kelompok kura-kura berbaris di Runway
Ini kisah migrasi sekelompok kura-kura. Sayangnya rute migrasi kura-kura ini harus melewati landas pacu Bandara John F Kennedy. Kura-kura berjenis diamondback trappin tersebut bermigrasi dari kawasan yang dibangun di tepi pantai jamaica dan menjadi taman federal yang dilindungi. Pada akhir juni atau awal juli, binatang mengangkat diri keluar dari teluk dan menuju pantai untuk bertelur. Pilot-pilot di bandara john f kennedy mengaku sering melihat kura-kura di landasan pacu terutama di pagi hari. (Dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.