Mudik Lebaran, Menhub Tolak Tambah Frekuensi Penerbangan di Soetta

Pramugari Wajib Sebut Bandara Soetta Ada di Tangerang Banten

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegaskan tidak akan memberikan tambahan izin slot penerbangan menjadi 76 slot per jam di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten saat periode mudik Lebaran tahun ini.

Keputusan itu diambil untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan penerbangan (delay) saat waktu puncak mudik. “Saya tidak ngasih izin [Bandara Soetta tambah slot penerbangan selama Lebaran]. Pokoknya 72 per jam,” kata Jonan di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Menurutnya, keputusan tidak membuka slot penerbangan baru saat Lebaran juga demi keselamatan dan keamanan penumpang. Jika maskapai membutuhkan penambahan penerbangan (extra flight), maka disarankan untuk mencari jam terbang yang kosong. “Kalau mau ekstra flight ya cari jam lain. Alasannya keselamatan penerbangan,” ungkapnya.

Jonan menambahkan, salah satu cara untuk mengatasi delay pesawat adalah menempatkan penambahan jadwal penerbangan pesawat di waktu yang longgar. “Namanya juga ‘ekstra flight’ ya harus ditempatkan di waktu yang longgar supaya tidak terjadi ‘delay’ jadwal penerbangan pesawat,” kata dia.

Untuk pemberian izin penambahan penerbangan, Kemenhub akan sangat berhati-hati dan tidak berdasarkan tingginya jumlah permintaan penumpang. “Pemberian izin tersebut dilakukan berdasarkan pada kesiapan maskapai penerbangan, sarana dan prasarana serta kru. Kalau dihitung kru itu harus lembur, pasti tidak dikasih,” kata Jonan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.