Mundur, CEO United Airlines Dapat Pesangon Rp485 Miliar

Meskipun mengundurkan diri di tengah penyelidikan korupsi, mantan CEO dari United Airlines Jeff Smisek menerima hampir kompensasi sebesar US$37 juta atau sekitar Rp484,7 miliar, termasuk mobil, bebas penerbangan dan hak parkir seumur hidup di dua bandara besar.

Besaran yang diterima Smisek terungkap dari perjanjian yang dilaporkan perusahaan kepada Security and Exchange Commission. Sebagaimana dilaporkan LA Times, Rabu (04/05/2016) Smisek juga akan menerima pembayaran uang tunai hampir US$5 juta, yang meliputi pembayaran biaya liburan yang tidak terpakai. Sisanya termasuk bonus kinerja perusahaan, ditambah pembayaran kesehatan dan asuransi jiwa.

Smisek juga menerima “biaya penerbangan,” senilai sekitar US$82.000, ditambah parkir seumur hidup di area United Airlines di Houston dan Chicago. Dia juga dapat membawa pulang mobil dari perusahaannya, senilai US$58.700.

Smisek dan dua karyawan United lainnya mengundurkan diri pada bulan September 2015 setelah menghadapi penyelidikan federal atas dugaan korupsi.

Dalam pengajuan lain SEC, Southwest Airlines Co yang berbasis di Dallas melaporkan bahwa kepala eksekutif, Gary Kelly, menerima kompensasi sebesar US$ 5,9 juta pada tahun 2015. Douglas Parker, Ketua dan CEO American Airlines Group Inc  dibayar US$11,4 juta pada tahun 2015, yang sebagian besar adalah berupa saham.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.