KISAH QANTAS : Dua Tahun Merugi, Bangkit Raih Laba Hanya dalam Setengah Tahun

    Qantas dan Virgin Australia Dukung Pembatasan Emisi CO2

    Perputaran saham Qantas Airways Limited (ASX: QAN) menjadi kisah investasi yang paling luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

    Sudah sekitar dua tahun perusahaan elite ini membukukan rekor kerugian hingga Aus$2,8 miliar dan sahamnya diperdagangkan mendekati Aus$ 1,00. Namun hari ini cerita berubah.

    Untuk menyenangkan para pemegang saham, Qantas baru-baru ini membukukan laba Aus$688 juta hanya dalam setengah tahun. Sahamnya pun meroket hingga Aus$3,90.

    Berikut alasan investasi di perusahaan Qantas sangat propsektif menurut foolcom.au Australia.

    Harga minyak
    Selama bertahun-tahun penurunan harga minyak telah menjadi faktor penentu hematnya operasional bahan bakar pesawat. Dengan harga minyak mentah dunia yang mencapai US$40 per barel tahun ini membuat Qantas mendulang keuntungan finansial.
    Pariwisata Tiongkok
    Perkembangan pariwisata di Tiongkok berkembang sangat luar biasa. Jumlah kedatangan wisatawan Tiongkok ke Australia rata-rata mencapai satu juta orang per tahun. Aliansi perusahaan dengan China Eastern harus membuktikan menjadi salah satu faktor penting di tahun-tahun mendatang. Perusahaan lain yang bisa mendapatkan keuntungan dari ini adalah Sydney Airport Holdings Ltd (ASX: SYD).
    Qantas International
    18 bulan yang lalu segmen internasional perusahaan masih merugi sekitar US$ 500 juta. Namun hanya dalam waktu singkat (setengah tahun) perusahaan membukukan keuntungan signifikan hingga Aus$270 juta.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.