GATF 2016 Targetkan Transaksi Setengah Triliun

(Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 resmi dibuka di Jakarta Convention Center (JCC), mulai Jumat (29/4/2016). PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menargetkan nilai transaksi di acara yang digelar serentak di 14 kota itu bisa meraup Rp540 miliar saat ditutup pada Minggu (1/5/2016) mendatang.

Direktur Utama Garuda M Arif Wibowo menjelaskan, dalam penyelenggaraan GATF tahun lalu di Jakarta saja, nilai transaksi mencapai Rp238 miliar, dengan jumlah pengunjung mencapai 117.000 orang. “Tahun ini kami menargetkan jumlah pengunjung 140.000 orang,” kata Arif saat jumpa pers di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Arif menjelaskan, selain di Jakarta, acara serupa juga digelar serentak di 13 kota lainnya. Dengan demikian, jumlah nilai transaksi keseluruhan ditargetkan mencapai Rp540 miliar. “Jadi untuk target di Jakarta saja Rp250 miliiar. Ditambah 13 kota lain jadi Rp540 miliar dalam penyelenggaraan tiga hari sampai 1 Mei nanti,” katanya.

Kota lain yang menjadi tempat penyelenggaraan GATF 2016 di antaranya Bandung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Timika dan Jayapura.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif pagelaran tersebut. Menurutnya pameran tersebut bisa membantu target pemerintah yang ingin mendorong pariwisata Indonesia. “Kiranya dengan penyelenggaran GATF ini tidak hanya dapat memudahkan masyarakat merencanakan liburannya, tapi juga mendukung target kami untuk mendatangkan 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara pada 2016 ini,” kata Arif.

Berkaca dari penyelenggaraan GATF tahun lalu, Arif menyatakan, destinasi yang paling diminati pengunjung selama penyelenggaraan GATF adalah Eropa, disusul Jepang dan Korea Selatan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.